Kamis, 6 Oktober 2022

Gas Pol! Akhir Tahun Ini, Purbalingga Bakal Launching Motor Listrik 

Dinperindag bersama Bappelitbangda dan perwakilan IKM Logam Purbalingga melakukan kunjungan lapangan ke PT.Rainbow Mitra Bangsa Kota Sukabumi Jawa Barat, beberapa waktu lalu. (Foto: Dokumentasi Dinperindag)

Wacana Pemkab Purbalingga akan memproduksi mesin listrik, tak sebatas pemanis bibir. Bahkan, pemkab justru berani menargetkan akhir tahun ini sudah bisa melaunching motor listrik. Saat ini, pihak-pihak terkait sedang memantapkan desainnya.


Purbalingga, serayunews.com 

Hal tersebut seperti pernyataan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga, Johan Arifin. Dalam waktu dekat ini, Purbalingga akan mulai memproduksi sepeda motor listrik dengan melibatkan para perajin logam lokal Purbalingga.

“Purbalingga akan memproduksi assembling (perakitan, red) sepeda motor listrik,” katanya, Senin (19/9/2022) siang.

Maka, lanjut Johan, pihaknya sedang menyiapkan Tim Kerja Assembling sepeda motor listrik. Tim ini akan melibatkan beberapa pihak, di antaranya Dinperindag, IKM, serta SMK YPT 1 Purbalingga.

“Tim Kerja terdiri atas Pokja Elektrical, Pokja Frame, Pokja Body, Pokja Painting, Pokja Finishing. Masing-masing pokja beranggotakan 3 hingga 4 orang dengan pimpinan ketua Tim Kerja,” kata dia.

Johan Arifin menambahkan, tim yang bekerja membuat atau merakit sepeda motor listrik adalah Tim Kerja EV Purbalingga.

“Program assembling sepeda motor listrik Purbalingga, merupakan program kerjasama Dinperindag, Rainbow Moto Builder, serta Kemenperin,” ujarnya.

Di sisi lain, melihat segala persiapannya, akhir tahun ini targetnya akan ada tiga unit produk asembling kendaraan listrik Purbalingga.

“Semoga akhir September ini, sudah bisa launching program. Mudah-mudahan awal Oktober program sudah running (berjalan, red),” lanjutnya.

Saat ini progres rencana produksi assembling sepeda motor listrik tersebut sedang dalam pemantapan desain.

“Setelah selesai desain, akan kami publikasikan,” kata Johan Arifin.

Berita Terpopuler

Berita Terkini