Sabtu, 8 Oktober 2022

Geger! Ular Cincin Emas Melingkar di Atas Talang Rumah Warga Jeruklegi Cilacap

Petugas Damkar Cilacap saat evakuasi Ular Cincin Emas
Petugas Damkar Cilacap saat evakuasi Ular Cincin Emas di atas rumah warga di Perum Bukit Permata Indah Blok 1 Nomor 14 RT03 RW08 Jeruklegi Cilacap, Sabtu pagi (16/7). (UPT Damkar Cilacap).

Warga perumahan di Jeruklegi Cilacap kaget dengan kemunculan ular cincin emas atau ular tali wangsa. Ular itu melingkar di atas talang dak rumah, Sabtu pagi (16/7). Ular berukuran besar itu sempat membuat panik, kemudian warga panggil Damkar untuk menangkapnya.


Jeruklegi, serayunews.com

Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi melalui Kasubag Tata Usaha Riadi menyampaikan, ular cincin emas itu berada di rumah Danu Setianto. Ia adalah warga yang tinggal di Perum Bukit Permata Indah Blok 1 Nomor 14 RT03 RW08 Jeruklegi Cilacap.

Saat itu, pemilik rumah hendak membersihkan talang dak rumah yang mampet kemungkinan karena tersumbat sampah daun. Namun ketika Danu memanjat, ia terkejut karena melihat seekor ular melingkar di atas paralon pembuangan air.

“Kemudian Pak Danu panik dan turun tangga lalu menelepon pemadam kebakaran. Seketika itu juga petugas Damkar langsung merespons dan menindaklanjutinya,” ujar Riadi.

Setelah tiba di lokasi, sejumlah personel Damkar Cilacap dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) naik ke atas talang dak rumah. Personel Damkar berhasil mengevakuasi ular cincin emas dengan panjang sekitar satu meter.

Selanjutnya, setelah tim berhasil mengevakuasi, akan melepasliarkan ular kembali ke tempat yang aman dan jauh dari permukiman penduduk.

Selain operasi tangkap ular, petugas juga sosialisasilan layanan aduan melalui Aplikasi Satkartaru SIAP dan nomor pelayanan Damkar, untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses bantuan hingga penyelamatan.

Berita Terpopuler

Berita Terkini