Jumat, 24 September 2021

Gugus Tugas Cabang PP Cilacap Bantu Pemerintah Tangani Covid, Ini Sasaran Kegiatannya

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cilacap Taryo melaunching Gugus Tugas Cabang Pemuda Pancasila (PP) Cilacap, di Posko Komando Gugus Tugas Cabang Task Force Kemanusiaan MPC Pemuda Pancasila Cilacap, Sabtu (11/09/2021). (Ulul)

Gugus Tugas Cabang (GTC) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Cilacap diresmikan. Tim ini akan bertugas membantu pemerintah dalam penanganan  dan pengendalian Covid-19 di Cilacap, mereka membantu penyemprotan disinfektan, sosialisasi vaksin hingga penyaluran bantuan kepada warga terdampak Covid-19.


Cilacap, serayunews.com

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cilacap Taryo melaunching Gugus Tugas Cabang Pemuda Pancasila (PP) Cilacap, di Posko Komando Gugus Tugas Cabang Task Force Kemanusiaan MPC Pemuda Pancasila Cilacap, Sabtu (11/09/2021).

Laucing di tandai dengan pemberangkatan Tim GTC dan penyerahan secara sombolis bantuan sembako kepada warga terdampak Covid-19. Acara tersebut dihadiri Kepala BPBD Cilacap Widjonardi, Wakil Ketua DPRD Cilacap Purwati, Pejabat Forkopimcam serta Pengurus MPW PP Jawa Tengah dan MPC PP Cilacap.

Kepala Badan Kesbangpol Cilacap Taryo mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Pemuda Pancasila yang telah melakukan bakti sosial dalam rangka membantu penanganan Covid-19 di Cilacap.

“Ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan, tadi kita berangkatkan, dan penyerahan bantuan beras, hand sanitizer, masker dan vitamin. Harapan kami dengan kegiatan ini bisa membantu masyarakat terutama yang terdampak Covid,” ujar Taryo usai memberangkatkan GTC PP tim penyemprotan disinfektan.

Selain itu, Taryo juga berharap penyebaran Covid-19 di Cilacap bisa ditekan. Menurutnya, meskipun saat ini tren penyebarannya sudah menurun, pihaknya meminta kepada masyarakat agar tidak lengah yakni dengan tetap menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan.

Warga terdampak Covid-19 mendapat bantuan paket beras. (Ulul)

Ketua MPC Pemuda Pancasila Cilacap Edi Santoso melalui Wakil Ketua MPC Sarwo Mumpuni mengatakan, GTC PP Cilacap dibagi dalam tiga koordiantor lapangan (Korlap), mereka bertugas seperti melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum seperti terminal, pasar dan Fasum lainnya.

Untuk Korlap Indoor bertugas melakukan penyemprotan di dalam ruangan seperti sekolah, tempat ibadah dan sarana lainnya. Sedangkan untuk Korlap ketiga bertugas mensosialisasikan vaksinasi dan menyalurkan bantuan kepada warga terdampak Covid-19.

Untuk membantu warga terdampak Covid-19 pihaknya akan menyalurkan bantuan 500 paket dari Indika Foundation dan MPP Pemuda Pancasila berupa beras, vitamin, hand sanitizer, dan masker yang akan disalurka ke 284 desa/kelurahan di 24 kecamatan di Cilacap, serta ditambah 200 paket bagi setiap kecamatan atau setara dengan 24 ton beras dari Ketua MPC PP Cilacap.

“Berhubung wilayah Kabupaten Cilacap cukup luas, sehingga MPC Pemuda Pancasila Cilacap juga akan menambah bantuan sebanyak 24 ton beras untuk 24 kecamatan. Sumbangan itu dikeluarkan dari dana pribadi Ketua MPC Pemuda Pancasila Edi Santoso, disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap sekaligus Ketua Palaksana Harian BPBD Cilacap Widjonardi menyampaikan, meningkatnya kesadaran masyarakat dalam penanganan Covid akan mempercepat Cilacap menuju level 1 status kedarutannya. Sehingga seluruh komponen masyarakat wajib terlibat di dalamnya termasuk Ormas Pemuda Pancasila di Cilacap.

“Sesuai Instruksi Presiden maupun Mendagri semua komponen diwajibkan terlibat di dalamnya, pelibatan Ormas adalah suatu keniscayaan, hanya ini belum semuanya terlibat di dalamnya, kita berharap menyusul organisasi yang lain,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini