Jumat, 30 September 2022

Harga Gas LPG di Cilacap Melambung, Pemerintah Belum Wacanakan Bantuan

Gas LPG 3kg. (Amin/Serayunews)

Setelah momen Hari Raya Idhul Adha 2022, diketahui harga gas LPG 12 kg terus melambung di tingkat pengecer. Bahkan harganya bisa mencapai Rp 225 ribu, sedangkan untuk ukuran 3 kg (gas melon) masih di harga Rp 21 ribu.


Cilacap, serayunews.com

Kabid Stabilisasi Harga, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Cilacap, Titi Suwarni mengatakan, bahwa kenaikan harga gas maupun kebutuhan pokok lainnya memang biasa terjadi di momen-momen tertentu. Hal itu dikarenakan meningkatkan permintaan di tingkat masyarakat.

“Biasanya juga tak berselang lama akan turun, apalagi untuk LPG harganya sudah ditentukan oleh pemerintah,” katanya kepada serayunews.com, Kamis (13/7/2022).

Menurutnya, hingga saat ini belum ada rencana pemberian bantuan atau penambahan subsidi dari pemerintah. Karena tata kelola gas LPG, seluruhnya diatur oleh pemerintah pusat. Sehingga, pihaknya hanya menunggu dan menjalankan instruksi yang diberikan.

“Kenaikan signifikan terjadi pada gas LPG nonsubsidi, sedangkan gas melon tidak signifikan. Masih sekitar Rp 21 ribu di tingkat eceran,” ungkapnya.

Sementara, kata dia, pemerintah biasanya akan mengambil keputusan terkait kebijakan subsidi atau bantuan jika berkaitan dengan kenaikan bahan pokok yang sifatnya non subsidi. Seperti di 2021 lalu, saat harga gas melon naik, pemerintah memberikan bantuan berupa bantuan langsung tunai (BLT) ke masyarakat.

“Atau saat minyak goreng langka beberapa waktu lalu, pemerintah juga menyalurkan BLT langsung kepada masyarakat,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini