Jumat, 2 Desember 2022

Hebat! Produk UMKM Purbalingga Banjir Pesanan Untuk Parcel Lebaran

Produk UMKM di Kabupaten Purbalingga dikemas menjadi parcel lebaran dan dipesan oleh sejumlah perusahaan. (Foto :Dekranasda Purbalingga)

Kendati secara umum perekonomian sedang lesu akibat pandemi, namun para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Purbalingga bisa tetap tersenyum. Pasalnya produk mereka laku keras dan  banyak dipesan untuk parcel lebaran.


Purbalingga, serayunews.com

“Data yang masuk ke saya ada sebanyak 200 paket parcel lebaran dengan menggunakan produk UMKM Purbalingga yang dipesan melalui Tuka-Tuku Purbalingga,” ujar Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) Senin (10/05/2021).

Pesanan parcel lebaran berasal dari BUMN, Perbankan dan perusahaan-perusahaan besar lainnya di Purbalingga.  Hal tersebut menunjukkan kualitas UMKM cukup baik karena yang memesan perusahaan-perusahaan besar.

“Ini merupakan kebanggan bagi kita. Karena produk UMKM kita ternyata sudah memiliki branding tersendiri,” ungkapnya.

Bupati Tiwi berharap hal itu bisa menjadi stimulus perkembangan UMKM di Purbalingga. Sebelumnya pihaknya juga mewajibkan agar toko modern di Kabupaten Purbalingga juga ikut memasarkan produk UMKM.

Manajer Tuka-Tuku Dhimas Adi Nugroho menambahkan produk-produk yang masuk dalam parcel merupakan produk unggulan UMKM Purbalingga. Produk tersebut sudah melalui kurasi sehingga kualitasnya terjaga.

“Ada 30 item produk UMKM yang kami masukan dalam parcel,” ujarnya.

Produk yang dijadikan parcel lebaran antara lain kopi, makanan kering dan minuman kemasan produk UMKM Purbalingga. Harga parcel bervariasi mulai dari Rp 150 ribu sampai dengan Rp 500 ribu per paket. “Omset totalnya sekitar 50 juta rupiah,” ujar Dhimas.

Selain parcel lebaran, Tuka-Tuku juga mengalami lonjakan pesanan warga Purbalingga yang mencari oleh-oleh. Mereka beli langsung lewat toko yang ada di Usman Janatin City Park atau melalui on line di store tuka-tuku yang ada di Bukalapak.

Tuka-Tuku Purbalingga adalah salah satu program unggulan Pemkab Purbalingga dalam pengembangan UMKM. Tuka-Tuku menjadi wadah untuk peningkatan kualitas produk UMKM serta pemasarannya, baik secara offline maupun on line.

Editor :M Amron

Berita Terpopuler

Berita Terkini