Jumat, 9 Desember 2022

Heboh Kabar Vaksin Sinovac Kedaluwarsa Maret 2021, Ini Penjelasan Dinkes Banyumas

vaksin sinovac, kabar vaksin sinovac, kabar vaksin sinovac kedaluarsa
Vaksin Sinovac

Heboh kabar di media sosial bahwa vaksin Sinovac kedaluwarsa pada 25 Maret 2021. Kabar tersebut langsung ditanggapi Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas. Dinkes memastikan bahwa vaksin Sinovac bisa digunakan sampai Juni 2021.


Purwokerto, Serayunews.com

“Kami terima vaksin itu kan baru dua bulan kurang. Sedangkan masa kedaluwarsanya itu sekitar enam bulan. Jadi masih lama, hingga bulan Juni,” ujar Kepala Dinkes Kabupaten Banyumas, Sadiyanto, Senin (15/3).

Sadiyanto menambahkan, bahwa vaksin yang diterima oleh pihaknya sudah melalui berbagai tahap pengecekan. Sehingga pihaknya selalu memantau dan memastikan vaksin tersebut dalam keadaan baik-baik saja. Termasuk ketika hendak diberikan kepada masyarakat Kabupaten Banyumas khususnya.

Hingga saat ini Kabupaten Banyumas telah mendapatkan total 65.282 vaksin Sinovac, yang rencana awal diperuntukan untuk 32.500 orang. Terbaru Banyumas mendapatkan tambahan vaksin untuk 11 ribu orang.

“Petunjuk dari Kemenkes (Kementrian Kesehatan, red) difokuskan untuk lansia. Karena rata-rata tingkat kematian akibat Covid-19 dialami oleh lansia,” katanya.

Ia mengungkapkan, bahwa orang yang meninggal akibat Covid-19 di Kabupaten Banyumas 80 persennya merupakan lansia, dimana mereka mereka juga memiliki penyakit pemberat.

Editor :Tim Redaksi

Berita Terpopuler

Berita Terkini