Selasa, 6 Desember 2022

Hujan Deras Sebabkan Banjir dan Tanah Longsor di Banyumas

Banjir area persawahan di Desa Samudra, Kecamatan Gumelar, Jumat (18/11/2022) sore. (Tangkapan layar video warga)

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Banyumas sejak Jumat (18/11/2022) siang hingga Sabtu (19/11/2022) dini hari menyebabkan sejumlah desa banjir dan tanah longsor. Meski demikian untuk banjir sudah mulai surut pada Sabtu pagi dan tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Namun, kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah.


Banyumas, serayunews.com

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyumas, Budi Nugroho menjelaskan untuk kejadian banjir berada di empat desa di Kecamatan Pekuncen yakni Desa Legok, Krajan, Cikawung, dan Banjarnyar dan dua desa di Kecamatan Gumelar yakni Desa Gumelar dan Desa Samudra.

“Untuk banjir sudah surut hari ini,” kata dia, Sabtu (19/11/2022) pagi.

Budi menambahkan, banjir menyebabkan desa-desa tersebut tegenang air. Namun yang begitu ekstrim seperti di Desa Gumelar yakni banjir menggenang daerah persawahan dan sungai kecil mengalami luapan air setinggi jembatan.

Sementara untuk tanah longsor terjadi di Desa Karangkemiri dan Desa Banjaranyar keduanya berada di Kecamatan Pekuncen, kemudian di Desa Samudra Kulon, Samudra, dan Desa Gumelar Kecamatan Gumelar.

“Total ada 14 titik tanah longsor di daerah tersebut. Hingga saat ini kami masih melakukan asessment di lapangan terkait hal tersebut. Namun, tidak ada korban jiwa,” ujarnya. (san)

Berita Terpopuler

Berita Terkini