Jumat, 9 Desember 2022

Hujan Deras Seharian, Wilayah Banyumas Dilanda Banjir dan Longsor di 22 Lokasi

Banjir di Desa Karangtalun Lor, Kecamatan Purwojati, Minggu (13/11/2022). (Dok BPBD Banyumas)

Hujan deras yang terjadi nyaris sepanjang hari pada, Minggu (13/11/2022) kemarin, sebabkan sejumlah wilayah di Banyumas terendam banjir. Tak hanya itu, longsor juga terjadi di 22 lokasi.


Purwokerto, serayunews.com

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Budi Nugroho menjelaskan, adapun 22 titik tanah longsor terjadi di empat kecamatan yakni di Kecamatan Karanglewas, Cilongok, Patikraja, dan Purwojati.

“Di Kecamatan Cilongok tanah longsor terjadi di Desa Jatisaba, Gunung Lurah, Sokawera, dan Panusupan, di Karanglewas terjadi di Desa Kediri dan Tamansari, Kecamatan Patikraja di Desa Karanganyar, Sawangan Wetan, dan Karangendep, sedangkan di Kecamatan Purwojati terjadi di Desa Purwojati,” kata dia, Senin (14/11/2022).

Budi menambahkan, banjir luapan terjadi di beberapa titik yakni di Kecamatan Purwojati, Kecamatan Purwokerto Barat, Kecamatan Cilongok, dan Kecamatan Patikraja. Tapi saat ini, banjir luapan sudah surut dan warga sekitar telah kembali beraktivitas seperti sedia kala.

“Banjir di Kecamatan Purwokerto Barat terjadi di Kelurahan Karanglewas Lor, Patikraja terjadi di Desa Karangendep, Kecamatan Cilongok terjadi di Desa Jatisaba dan Kecamatan Purwojati terjadi di Desa Kaliputih, Karangtalun Lor, dan Karangtalun Kidul,” kata dia.

Dari peristiwa tersebut, Budi memastikan tidak ada korban jiwa. Namun, untuk kerugian saat ini masih  pendataan.

Berita Terpopuler

Berita Terkini