Minggu, 5 Februari 2023

HUT Ketum, PDI Perjuangan Pelopori Peduli Ibu Hamil dan Cegah Stunting

Ketua DPC PDI Perjuangan Banyumas, dr Budhi Setiawan dan Bupati Banyumas, Achmas Husein (baju batik) memberikan nasi kotak kepada ibu hamil dan anak, Senin (23/1/2023). (Hermiana E.Effendi/Serayunews)

Bersamaan dengan hari ulang tahun Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, PDI Perjuangan memelopori menjadi partai yang peduli terhadap kesehatan ibu hamil dan pencegahan stunting pada anak. Hal ini dibuktikan dengan membuka dapur umum secara serentak dan membagikan nasi kotak serta biskuit dan makanan bergizi lainnya untuk ibu hamil dan anak-anak.


Purwokerto, serayunews.com

Dapur umum DPC PDI Perjuangan Banyumas digelar di pendapa rumah Ketua DPC PDI Perjuangan, dr Budhi Setiawan pada, Senin (23/1/2023). Sekitar 200 lebih ibu hamil dan anak-anak mendapatkan paket nasi lengkap dengan lauk bergizi, biskuit dan buah-buahan. Tak hanya itu, mereka juga mendapatkan penjelasan langsung tentang pentingnya menjaga asupan gizi, bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan serta ibu hamil.

Ketua DPC PDI Perjuangan Banyumas menyampaikan, dapur umum dibuka secara serentak untuk melayani kebutuhan makanan bergizi ibu hamil serta anak-anak stunting pada hari ini. Pencegahan stunting, menurutnya sangat penting dilakukan, guna mencegah lost generation.

“Kegiatan dapur umum ini instruksi langsung dari DPP dan bersamaan dengan hari ulang tahun Ibu Mega, jadi ini sebagai bentuk kepedulian partai terhadap ibu hamil dan anak-anak, karena Indonesia ke depan harus bebas stunting,” tuturnya.

Kader PDI Perjuangan Banyumas sibuk menyiapkan nasi kotak untuk ibu hamil dan anak stunting, Senin (23/1/2023). (Hermiana E.Effendi/Serayunews)

Dokter Budhi menyampaikan, selama pandemi kemarin angka kematian ibu saat melahirkan meningkat. Sehingga saat ini mereka harus mendapatkan perhatian serius, terutama terkait asupan gizinya.

Bupati Banyumas, Achmad Husein yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, angka stunting di Banyumas masih tinggi yaitu mencapai 20,4 persen. Untuk tahun ini, pihaknya menargetkan angka stunting bisa turun menjadi 15 persen.

“Berbagai langkah untuk mencegah stunting serta menekan angka kematian ibu hamil sudah kita lakukan, antara lain dengan melakukan pendataan by name by address melalui aplikasi dan mereka terus didampingi serta dipantau oleh petugas, untuk memastikan asupan gizinya,” kata Husein.

Sementara itu, salah satu ibu hamil, Febri mengatakan, ia mendapatkan satu kotak makanan lengkap dengan lauk yang bergizi serta biskuit khusus untuk ibu hamil. Febri yang datang dari Desa Tambaksogra mengaku, baru kali ini mendapat perhatian serta bingkisan dari partai politik.

“Baru PDI Perjuangan yang memperhatikan ibu hamil dan balita, saya sangat salut dan semoga Ketum Ibu Megawati sehat selalu di usia 76 tahun. PDI Perjuangan benar-benar partainya wong cilik,” ucapnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini