Rabu, 1 Desember 2021

Ini Tujuh Area Rawan Kecelakaan di Cilacap, Polisi Minta Pengendara Lebih Berhati-hati

Focus Group Discussion (FGD) bersama Forum Lalu Lintas pada Kamis (25/11/2021). (Irfan)

Kasat Lantas Polres Cilacap AKP Ris Andrian menyebutkan bahwa ada tujuh area rawan kecelakaan di wilayah Cilacap. Hal itu diungkapkannya saat Focus Group Discussion (FGD) bersama Forum Lalu Lintas pada Kamis (25/11/2021).


Cilacap, serayunews.com

Ia mengatakan, ketujuh area rawan kecelakaan itu antara lain Jalan Raya Wanareja (Adimulya), Jalan Raya Kalisabuk (Kesugihan), Tugu Lilin Gumilir (Cilacap Utara), Jalan Urip Sumoharjo (Pasar Pelem Gading Cilacap Utara), Jalan Raya Kawunganten, Jalan Raya Cilopadang (Cimanggu), dan Jalan Mataram Pekuncen (Kroya).

“Sedangkan penyebab kecelakaan memang ada beberapa faktor, satu sama lain sangat erat kaitannya,” katanya kepada serayunews.com, Kamis (25/11/2021).

Ia menjelaskan, faktor manusia sebagai penyebab kecelakaan misalnya disebabkan oleh pengemudi yang kurang kompeten dan tidak konsentrasi saat berkendara. Sehingga berdampak pada ketidakmampuan mengendalikan kendaraan.

Di sisi lain, lingkungan juga dapat menjadi faktor terjadinya kecelakaan seperti kondisi jalan yang bergelombang, miring, tikungan, tanjakan maupun turunan yang membahayakan serta lampu penerangan yang kurang memadai.

“Dari faktor kendaraan, kondisi body, ban, dan transmisi  yang jauh dari standar keamanan sebuah kendaraan bermotor juga menjadi pemicu terjadinya kecelakaan,” tuturnya.

Sedangkan dari faktor alam, yang dapat mengakibatkan kecelakaan adalah bencana alam dan cuaca buruk seperti hujan lebat dan kabut yang tebal. Untuk itu pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dan terus waspada ketika berkendara.

“Kami berharap semua elemen masyarakat bisa ikut membantu menekan angka kecelakaan. Tentunya dengan berhati-hati dalam berkendara,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini