Minggu, 28 November 2021

Kabar Gembira! PT KAI Bagikan Ribuan Voucher Tiket Kereta Api Secara Gratis pada Guru, Nakes, dan Veteran, Ini Penjelasannya

Syarat dan ketentuan tiket kereta api gratis oleh PT KAI. (Dok istimewa)

Menyambut hari Pahlawan dan bentuk kepedulian, PT KAI membagikan voucher tiket kereta api (KA) jarak jauh secara cuma-cuma kepada para tenaga kesehatan, guru, dan veteran. Tak terkecuali di Daop 5 Purwokerto, dimana mereka menyediakan sedikitnya ada 785 voucher tiket KA Jarak jauh secara gratis, yang dapat digunakan pada periode keberangkatan tanggal 8 – 30 November 2021.


Purwokerto, serayunews.com

Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Ayep Hanapi mengatakan, secara keseluruhan PT KAI menyediakan 11.000 voucher tiket KA jarak jauh. Sedangkan untuk Daop 5 Purwokerto kebagian 785 voucher gratis tersbut.

“Ini merupakan bentuk perhargaan KAI kepada para pahlawan yang telah berjuang dan berbakti kepada masyarakat, baik di masa pandemi maupun di masa kemerdekaan,” ujar dia, Sabtu (6/11).

Ayep menambahkan, program tersebut merupakan kelanjutan dari program serupa pada tahun 2020 lalu. Pada tahun lalu mereka membagikan 10.000 voucher tiket KA kepada guru dan tenaga kesehatan. Dari evaluasi tahun lalu dimana antusias masyarakat yang begitu tinggi, pada tahun ini mereka menambahkan jumlah voucher serta veteran sebagai salah satu pihak yang berhak mendapatkan voucher tersebut.

“KAI mengucapkan terima kasih kepada para guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, para tenaga kesehatan yang telah melayani masyarakat tanpa rasa lelah di masa pandemi, serta para veteran yang telah berjasa demi kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya.

Berikut syarat mereka yang berhak mendapatkan voucher :

  1. Guru pendidikan formal untuk anak usia dini s.d tingkat menengah atas atau sederajat baik negeri maupun swasta dengan status PNS maupun honorer
  2. Tenaga Kesehatan (bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi, tenaga administrasi, dan driver ambulance) baik dari klinik, puskesmas, atau rumah sakit kecuali Dokter.
  3. Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI)

Kemudian voucher dapat diambil mulai tanggal 7-29 November 2021 di loket atau customer service pada 12 stasiun dari mulai Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Medan, Kertapati, dan Tanjung Karang. Voucher tersebut hanya berlaku untuk KA kemberangkatan dari stasiun wilayah pengambilan voucher.

“Saat pengambilan voucher, calon pelanggan harus menunjukkan identitas asli dan fotocopy identitas atau surat keterangan yang menunjukkan mereka adalah guru, tenaga kesehatan, dan veteran. Selama program berlangsugn, satu identitas hanya berhak untuk satu voucher atau satu kali perjalanan. Pengambilan voucher tidak dapat diwakili kecuali untuk veteran,” katanya.

Untuk KA yang berlaku pada voucher tersebut yakni KA kelas eksekutif dan ekonomi. Dimana voucher tersebut dapat digunakan berbagai tujuan. “Adapun Daop 5 Purwokerto menyediakan 185 voucher kelas eksekutif dan sebanyak 600 voucher untuk kelas ekonomi. Voucher akan dibagikan dengan kuota per harinya,” kata dia.

Meski mendapatkan voucher gratis, calon penumpang wajib menunjukan kartu vaksin minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Kemudian surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen maksimal 1×24 jam sebelum jadwal keberangkatan dan berbagai syarat menumpang kereta api pada massa pandemi Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terkini