Sabtu, 10 Desember 2022

Kegiatan Edukatif Bakal Jadi Target Prioritas Operasi Zebra Candi 2022 di Banyumas

Flayer Sat Lantas Polresta Banyumas, dalam rangka Operasi Zebra candi 2022. (Dok Sat Lantas Polresta Banyumas)

Kepolisian bakal menggelar operasi Zebra Candi 2022 secara serentak, dari tanggal 3 sampai dengan 16 Oktober 2022. Dalam operasi tersebut, Polresta Banyumas bakal mengedepankan kegiatan edukatif seperti sosialisi tertib berlalu lintas, hingga berbagai imbauan lainnya.


Purwokerto, serayunews.com

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Edy Suranta Sitepu melalui Kasat Lantas, Kompol Bobby A Rachman menjelaskan, bahwa kegiatan mereka nanti akan lebih mengedepankan kegiatan edukatif.

“Tidak menutup kemungkinan, pelanggaran priotas akan kami lakukan pendekatan secara hukum,” kata dia, Sabtu (1/10/2022).

Bobby menambahkan, pelanggar prioritas yang dimaksud yakni pelanggaran kasat mata seperti tidak menggunakan helm, melawan arus, pengemudi roda empat tidak menggunakan sabuk pengaman, serta penggunaan knalpot brong. Sehingga harapannya pada saat jalannya operasi tersebut, masyarakat selalu berusaha untuk tertib dalam berlalu lintas.

Untuk operasi itu, menurut Bobby tidak hanya di daerah perkotaan saja, tetapi sampai ke sejumlah daerah di Kabupaten Banyumas.

“Kita juga punya ETLE, untuk daerah perbatasan memang tidak ada CCTV yang mendukung. Namun, anggota dilengkapi ETLE mobile, kita punya pos daerah seperti Ajibarang, Wangon yang anggota kami dilengkapi dengan ETLE mobile,” kata dia.

Tujuan operasi Zebra sendiri untuk keamanan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (kamtibcarlantas). Sehingga, masyarakat akan lebih disiplin dalam berlalu lintas terutama di Kabupaten Banyumas.

“Sehingga ke depannya, ada atau tidak ada petugas di jalan, pengendara roda dua, roda empat tetap mematuhi peraturan lalu lintas,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini