Selasa, 24 Mei 2022

Kejar Target Cakupan, Vaksinasi di Purbalingga Digenjot Selama Ramadan

Warga mengikuti kegiatan vaksinasi massal di Alun-alun Purbalingga. Kegiatan tersebut diinisasi oleh jajaran TNI dari Korem 071 Wijayakusuma dan Kodim 0702. (Joko Santoso)

Guna mengejar target cakupan vaksinasi, Pemkab Purbalingga terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi massal selama bulan Ramadan. Vaksinasi dilakukan di berbagai tempat layanan kesehatan termasuk di tempat ibadah.


Purbalingga, serayunews.com

“Cakupan vaksinasi dosis pertama kita baru mencapai 89,67%. Kami menargetkan cakupannya bisa mencapai 90 persen hingga akhir Ramadan ini. Makanya kegiatan vaksinasi terus dilaksanakan,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), Kamis (14/4/2022).

Baca juga  Pamit Cari Ikan di Sungai, Warga Sarwodadi Banjarnegara Dilaporkan Hilang

Terkait cakupan vaksinasi dosis kedua, menurutnya sudah mencapai sekitar 80%. Sedangkan dosis ketiga baru sekitar 9%. Padahal pihaknya ditargetkan untuk bisa mencapai cakupan vaksinasi penguat tersebut di angka 30%.

 “Target untuk vaksinasi penguat nampaknya belum bisa dicapai. Kita pasang target saja bisa mencapai 15% hingga akhir Ramadan ini,” jelasnya.

Dalam kesempatan terpisah Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga dr Jusi Febrianto menjelaskan dengan digenjotnya kegiatan vaksinasi selama Ramadan. Kegiatan tersebut juga mendapatkan dukungan penuh dari jajaran TNI dan kepolisian.

“Selama Ramadan, vaksinasi dilaksanakan siang dan malam. Termasuk sehabis Salat Tarawih,” lanjutnya.

Baca juga  Kunjungan ke Dieng Banjarnegara Membludak, Kawah Sikidang Masih Jadi Favorit

Sementara itu Polres Purbalingga akan memberikan hadiah berupa 18 ekor kambing bagi peserta vaksinasi. Hal itu disampaikan Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan saat menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi Booster di Pendapa Kabupaten Purbalingga, Selasa (12/4/2022) lalu.

“Ada 18 ekor kambing yang akan kami serahkan kepada rekan-rekan Forkopincam untuk memberikan stimulus bagi warga yang mau berpartisipasi mengikuti kegiatan vaksinasi,” ucapnya.

Vaksinasi berhadiah 18 ekor kambing diberikan kepada peserta vaksinasi periode 11 – 30 April 2022. Sedangkan lokasi pelaksanaan vaksinasi berada di kecamatan masing-masing sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh polsek bekerja sama dengan puskesmas setempat.

Berita Terkait

Berita Terkini