Sabtu, 2 Juli 2022

Ketemu Kepala Daerah, Kades di Wanayasa Banjarnegara Ini Curhat

Ketemu Kepala Daerah, Kades di Wanayasa Banjarnegara curhat kondisi wilayahnya. foto: dok pemkab

Sejumlah kepala desa di Kecamatan Wanayasa, memanfaatkan kunjungan Pj Bupati Banjarnegara saat road show di desa wisata dawuhan, Kecamatan Wanayasa. Para kepala desa ini langsung curhat terkait pembangunan di wilayahnya.


Banjarnegara, Serayunews.com

Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto memang sering turun ke bawah untuk menemui para kepala desa serta masyarakat. Langkah itu demi melihat potensi dan perkembangan Banjarnegara. Meski secara non formal, para kepala desa memanfaatkan momentum ini untuk mengadu demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dimulai dari tingkat bawah.

Supriyanto, Kepala Desa Jatilawang, Kecamatan Wanayasa, langsung mengeluhkan kondisi jalan di wilayahnya. Jalan di wilayahnya mulai rusak pada beberapa titik. Supriyanto juga berharap adanya perbaikan kondisi jalan tersebut dan pembangunan lainnya di wilayahnya.

Baca juga  Peserta FGD AMSI Sepakat Cek Fakta dan Literasi Informasi Jadi Kurikulum di Sekolah

“Wilayah kami sudah banyak jalan yang rusak, kami berharap segera ada perbaikan. Kami juga memiliki kesenian kuda kepang modern. Jika ada momen penting di kabupaten siap tampil,” katanya.

Berbeda dengan anggota BPD dari Desa Wanayasa, Salafudin. Salafudin justru menyuarakan adanya perhatian pemerintah kabupaten terhadap para ketua RT. Salafudin mengatakan, jika ketua RT ini memiliki beban tugas yang berat dalam mengurus warga. Tugas mereka juga tidak ringan, namun perhatian dari pemerintah masih sangat kurang.

“RT ini pejabat pemerintah paling rendah, tetapi tugasnya tidak kalah repot dengan pejabat lain. Sebab, mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat. Tak jarang mereka selain ujung tombak juga ujung tombok. Jadi kami berharap ada payung hukum agar para ketua RT ini mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik,” katanya.

Baca juga  Cilacap Longgarkan Prokes, Kasus Baru Covid-19 Langsung Bertambah

Menanggapi komentar para kades tersebut, Pj Bupati, mengucapkan terima kasih dan akan menampung masukan-masukan tersebut untuk kemajuan pembangunan. Tri Harso, mengatakan bahwa kebijakan seperti itu bisa teratasi dengan pemanfaatan dana desa.

“Untuk kesejahteraan Ketua RT, silakan saya kembalikan pada para pemangku kebijakan di tingkat desa, hal seperti ini bisa melalui musyawarah. Kades dan perangkatnya harus meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya agar pengelolaan dana desa bisa tepat sasaran, agar tidak menjadi masalah karena kurangnya informasi yang didapat masyarakat,” katanya.

Kompak

Dalam kesempatan ini Tri Harso, juga meminta para kades di Kecamatan Wanayasa untuk kompak dan bersinergi mendukung program-program pemerintah agar pembangunan yang sedang dan akan dilakukan bisa berjalan lancar serta memberikan kemaslahatan bagi masyarakat.

Baca juga  Warga Boleh Manfaatkan Lahan Dekat Bendungan Bener

Kepala DPUPR Banjarnegara, Yusuf Tri Winarsono menambahkan, terkait jalan-jalan yang rusak di wilayah, pihaknya akan melakukan inventarisir jalan untuk memudahkan penanganan dan penganggaran.

“Kami akan inventarisir, mungkin beberapa jalan akan alih status misal dari jalan desa menjadi jalan kabupaten dan sebaliknya. Adapun penganggaran di tahun anggaran 2023,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini