Rabu, 1 Desember 2021

KONI Banjarnegara Salurkan Bantuan ke Pengungsian di Desa Sewidak

Sedikitnya enam rumah yang ada di Desa Sewidak rata dengan tanah akibat pergerakan tanah yang terjadi pekan kemarin, hingga saat ini potensi tanah gerak masih terjadi di wilayah tersebut

Dalam sepakan terakhir wilayah Banjarnegara dikepung bencana. Bahkan beberapa warga di sejumlah desa terdampak bencana tinggal di pengungsian, termasuk di Desa Sewidak, Kecamatan Pejawaran.


Banjarnegara, Serayunews.com

Sebagai bentuk kepedulian dan aksi sosial, KONI Banjarnegara melakukan distribusi bantuan kebutuhan pokok di sejumlah wilayah, mulai dari Desa Masaran, Kecamatan Bawang dan Desa Sewidak, Kecamatan Pejawaran.

Ketua KONI Banjarnegara Nurohman Ahong mengatakan, bantuan sosial ini diberikan langsung melalu petugas di lapangan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi tumpang tindih bantuan pada korban bencana.

“Kita sebelumnya melakukan koordinasi, sehingga kita memutuskan untuk membantu logistik pada korban bencana di Desa Swidak dan Masaran,” katanya.

Dalam pelaksanaanya, KONI Banjarnegara juga bekerjasama dengan SAR RAPI dan BPBD, sehingga apa yang diberikan dapat meringankan beban dari korban bencana yang ada di Banjarnegara.

Berdasarkan informasi dihimpun, saat ini pergerakan tanah di Desa Swidak dan Desa Bantar Kecamatan Wanayasa masih terjadi. Kondisi ini diperparah dengan patahnya jalan utama menuju lokasi bencana, sehingga distribusi logistik untuk korban bencana terhambat.

“Kondisi jalan memang menjadi penghambat, dan hari ini baru dilakukan perbaikan dengan mengurug jalan agar bisa dilalui. Saat ini di wilayah kami ada sekitar 36 kepala keluarga yang terdampak dan mengungsi,” kata Kepala Desa Sewidak Eko.

Menurutnya, akses jalan menuju lokasi terhambat sejak terjadinya tanah gerak yang merusak puluhan rumah, sebab jalan utama ini mengalami kerusakan di beberapa titik, termasuk akses menuju lokasi yang mengalami amblas hingga lebih dari 1 meter.

Berita Terkait

Berita Terkini