Minggu, 25 September 2022

Kroya Kini Ada Car Free Day, Diharapkan Dongkrak Perekonomian Cilacap Bagian Timur

Bupati Launching CFD Kroya dihadiri ratusan warga, Minggu pagi (17/7/2022). (Ulul/Serayunews)

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji melaunching Car Free Day (CFD) di Kroya, pada Minggu pagi (17/7/2022). Tak hanya sebagai sarana hiburan, CFD Kroya perdana ini juga sebagai pendongkrak pemulihan ekonomi khususnya Cilacap bagian Timur, dengan melibatkan asosiasi UMKM serta komunitas seni dan budaya. Sebelum di Kroya, CFD sukses di Kota Cilacap dan Majenang.


Kroya, serayunews.com

Launching CFD Kroya oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji didampingi Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Anggota DPR RI Teti Rohatiningsih. Selain itu hadir juga pejabat dinas terkait, pejabat Forkopimcam, serta ratusan peserta dari masyarakat setempat yang berpusat di Lapangan Tugu Kroya Cilacap.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, CFD Kroya sebagai bagian dari pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Selain itu sebagai wadah promosi produk lokal.

“Ini sebagai ungkit ekonomi dalam berbagai hal dalam implementasi bangga mbangun desa. Car free day ini sebagai ajang untuk mejunukkan talenta, bakat, maupun seni, dan hiburan. Ini sebagai wadah untuk mengimplementasikannya, camat juga harus mempromosikan produk lokalnya,” ujar Bupati Tatto di sela-sela acara.

Cfd kroya
Bupati Cilacap saat meninjau stand UMKM dan mempromosikan produk UMKM lokal Cilacap, Minggu (17/7/2022). (Ulul/Serayunews)

Ketua CFD Kroya Wahyu Pujianto mengatakan, sedikitnya ada 150 stand UMKM ikut memeriahkan CFD Kroya tersebut. Selain UMKM, CFD Kroya juga melibatkan pedagang keliling sekitar Lapangan Tugu serta komunitas seni dan budaya di Cilacap. Tak hanya itu, menuju 2024, pihaknya juga sedang gencar sosialisasikan program kelaikan UMKM dan sertifikat halal.

“Jumlah stand UMKM ada 150 stand dengan berbagai sajian mulai dari kuliner, non kuliner hingga wahana bermain anak. Rencananya CFD pekan berikutnya akan kembali berlangsung dengan mengandeng sponsor swasta, serta pekan ketiga juga rencannya ada pameran senjata dari Brimob Kroya mau ikut berpartisipasi,” ujar Wahyu yang juga sebagai Ketua Asosiasi UMKM Kroya.

Libatkan UMKM

Camat Kroya Budi Narimo mengatakan, CFD Kroya melibatkan berbagai UMKM se Eks Distrik Kroya seperti wilayah Nusawungu, Binangun, Kroya, Maos, Adipala dan Sampang. Setelah launching perdana oleh Bupati ini, harapannya pusat perekonomian di Cilacap bagian Timur meningkat.

“Setelah launching ini, nanti kita evaluasi tahapannya, karena dari pemerintah tidak menyediakan anggaran. Ini murni prakarsa masyarakat. Kami hanya memfasilitasi, untuk itu, perusahaan yang akan menjadi sponsorship kami persilakan. Harapan saya kepada masyarakat silakan memanfaatkan CFD ini dengan sebaik baiknya, untuk bahagia berolahraga, mengekspresikan seni dan budaya serta memasarkan produk UMKM lokal,” ujarnya.

CFD Kroya makin meriah dengan adanya panggung hiburan musik serta menampilkan seni tari tradisional. Selain itu, para peserta juga mendapatkan hadiah doorprize menarik dari panitia.

Berita Terpopuler

Berita Terkini