Senin, 23 Mei 2022

Kukuhkan Forum Anak Cilacap,  Bupati Tatto: Bentuk Karakter Agar Tidak Salah Jalan

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengukuhkan kepengurusan Forum Anak Cilacap (Foraci) periode 2020-2022 (Ulul Azmie)

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengukuhkan kepengurusan Forum Anak Cilacap (Foraci) periode 2020-2022. Forum anak ini diharapkan menjadi wadah organisasi  untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan kelompok anak-anak dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.


Cilacap, serayunews.com

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, untuk mempersiapkan generasi masa depan yang sukses dan maju perlu dibentuk karakter anak, yang diharapkan bisa berperan aktif dalam organisasi anak sebagai wadah seperti forum anak ini.

“Kerja keras, semangat, pantang menyerah. Itulah yang dikatakan karakter, ini penting dipersiapkan. Jadi karakter harus dilatih, artinya membangun karakter supaya jangan salah jalan,” ujar Bupati Tatto Suwarto Pamuji, usai melantik pengurus Foraci, Rabu (19/05) di Fave Hotel Cilacap.

Baca juga  Warga Pemalang Penambang Pasir Tenggelam di Sungai Serayu Adipala

Menurut Bupati, dalam membangun karakter tersebut dibutuhkan empat kunci sukses yakni, komitmen, konsisten, presisten dan action. Sehingga dalam mengejar cita-cita anak harus memiliki tujuan. Bupati berpesan agar anak menjunjung tinggi literasi dan rasa hormat kepada orang tua.

“Orang sukses ada yang termotivasi dari dalam dan ada yang dari luar. Jika dari luar bersifat sementara saja, tetapi jika dari dalam berarti sudah mempunyai karakter,” ujar Bupati

Bupati Cilacap Tato Suwarto Pamuji dalam Pelatihan dan Pelantikan Forum Anak Cilacap Periode Tahun 2020-2022 (Ulul Azmie)
Baca juga  Tahun 2022, Ratusan Bandar Narkoba Tempati Lapas Super Ketat Karanganyar Nusakambangan, Begini Potretnya

Sementara itu, Ketua Foraci Mutiara Andini Wantoso Putri menyampaikan, adanya organisasi tersebut diharapkan dapat melaksanakan peran dan tanggungjawab sebagai pelopor dan pelapor serta berpartisipasi dalam pembangunan agar anak-anak di Cilacap dari Dayeuhluhur sampai Nusawungu bisa mendapatkan hak secara memadai. Baik hak hidup, hak berkembang, hak berpartisipasi dan perlindungan.

“Impian kami dengan berorganisasi dalam Foraci kami bisa lebih meningkatkan kemampuan diri sendiri dan berbuat kebaikan untuk anak-anak lain di Kabupaten Cilacap. Untuk dapat mewujudkan harapan tersebut tentu tidak dapat dilakukan sendiri, namun kami sangat membutuhkan dukungan dari Bupati dan jajaran Pemkab Cilacap. Baik saran atau petunjuk dalam hal moril atau materiil,” ujarnya.

Baca juga  Jalur Selatan Jawa di Ruas Majenang Cilacap, Mulai Dipadati Arus Balik Pemudik

Sedangkan menurut Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Murniyah menyampaikan, bahwa pengurus Foraci merupakan utusan dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Cilacap.

“Tujuan dibentuknya Foraci yaitu sebagai sarana koordinasi peningkatan kapasitas dan pemahaman tentang konvensi hak anak. Terkait pembiayaan kegiatan pelatihan dan pelantikan yaitu bersumber dari APBD tahun anggaran 2021 melalui Dinas KBPPPA Kabupaten Cilacap,” ujarnya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini