Rabu, 25 Mei 2022

Kuliah S1 Hanya Ditempuh 2 Tahun dengan Program RPL di Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Ketua Prodi PG PAUD Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Dr Desti Pujiati SPd.MPd. (Foto : Hermiana E.Effendi)

Guna mempercepat dan mempermudah akses pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) membuka program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) dan Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Perikanan.


Purwokerto, Serayunews.com

Ketua Program Studi PG PAUD UMP, Dr Desti Pujiati SPd MPd mengatakan, program kesetaraan Sarjana/S1 berdasarkan dari aturan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 123/B/SK/2017. Program RPL pada PG PAUD dimaksudkan untuk membantu para guru PAUD meraih gelar sarjana.

Baca juga  Alhamdulillah, Cilacap Zero Kasus Covid-19 Sepekan Lebih

“Program RPL perkuliahannya tidak lama, hanya ditempuh minimal 4 semester atau 2 tahun saja, karena memang program ini program yang telah dikonversi. Jadi beberapa keperluan sertifikat dikonversi ke dalam mata kuliah, sehingga mempercepat waktu studi,” terangnya, Minggu (17/4/2022).

Lebih lanjut Desti menjelaskan, program RPL ini merupakan program yang sudah dicanangkan oleh kementerian untuk rekognisi pembelajaran lampau. Jadi untuk guru yang sudah mengabdi lama, berkesempatan untuk bisa memperoleh ijazah S1 dengan program RPL tersebut.

“Ini bentuk kepedulian pemerintah terhadap para pendidik PAUD yang sudah memiliki kemampuan, kapasitas, tetapi mereka belum menyelesaikan program sarjananya,” katanya.

Untuk bisa mengikuti perkuliahan program RPL, guru PAUD hanya perlu menyertakan sertifikat pelatihan atau penataran. Bisa juga sudah menempuh program Diploma, selanjutnya sertifikat yang sudah didapat itu akan dihitung ke dalam pengakuan SKS.

Baca juga  Wings Air Jajaki Penerbangan Wisata, Kargo dan Umrah melalui Bandara Soedirman Purbalingga

Sementara untuk program RPL pada Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Perikanan UMP, merupakan pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh melalui pendidikan formal, non-formal, informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal.

Ketua Prodi Agroteknologi UMP, Teguh Pribadi SHut MSi mengatakan, program tersebut merupakan upaya pemerintah mendorong perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan atau akses kepada masyarakat selaku calon mahasiswa.

 “Calon mahasiswa tidak perlu mengambil seluruh SKS pada program studi yang diminati, serta akan diberikan bantuan subsidi biaya kuliah selama satu semester guna memperoleh kredit akademik melalui RPL,” jelasnya.

Baca juga  Musibah Malam Takbiran, Rumah Warga di Kedungreja Cilacap Kebakaran

Melalui program RPL ini, lanjut Teguh, jenjang S1 Prodi  Agroteknologi yang seharusnya ditempuh dalam waktu 4 tahun, hanya akan selesai dalam masa 2 tahun saja. Program RPL UMP ini telah mengantongi izin dari Kemendikbud, sehingga ijazah yang sudah diakui oleh PD DIKTI.

“RPL memungkinkan calon mahasiswa tidak perlu lagi mengambil seluruh SKS pada program studi yang diminati. Serta akan diberikan UKT yang ringan Selama menempuh studi selama satu semester guna memperoleh kredit akademik melalui RPL,” terang Teguh.

Berita Terkait

Berita Terkini