Minggu, 5 Februari 2023

Lelang Jabatan Empat Kepala Dinas di Pemkab Purbalingga Dimulai, Ini Tahapannya

Pejabat eselon II dan III Pemkab Purbalingga bersiap mengikuti pengambilan sumpah dan pelantikan, Jumat (30/12/2022). Empat jabatan eselon II hingga saat ini masih belum terisi sehingga ada lelang jabatan terbuka. (Joko Santoso/Serayunews)

Proses lelang terbuka pengisian jabatan empat kepala dinas di Pemkab Purbalingga mulai berjalan. Ada sejumlah tahapan, mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi hingga fit and proper test.


Purbalingga, serayunews.com

“Ada pelelangan empat jabatan eselon II atau jabatan tinggi pratama. Masing-masing Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR), Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus), Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPSP) serta Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM),” kata Sekda Purbalingga Herni Sulasti, Rabu (18/1/2023).

Terkait pengisian empat jabatan tersebut pihaknya telah membentuk panitia seleksi (pansel). Anggotanya adalah akademisi serta tokoh masyarakat. Selanjutnya telah ada penetapan sejumlah tahapan seleksi.

“Informasi ini kami sampaikan secara terbuka melalui Pengumuman Nomor 800/002/Pansel.JPTP/ 2023 tentang Seleksi Terbuka dan Kompetitif Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Purbalingga tahun 2023 tertanggal 16 Januari 2023,” paparnya.

Baca juga: Terapkan Sistem Talent Pool, Siap-siap! Pejabat Berprestasi di Cilacap Segera Promosi 

Dia menjelasakan pengumuman seleksi lelang terbuka pada 16-30 Januari 2023. Selanjutnya penerimaan berkas lamaran pada 17-30 Januari 2023. Pansel akan melakukan seleksi administrasi untuk berkas lamaran yang masuk pada 1 Februari 2023.

“Pengumuman hasil seleksi administrasi dan rekam jejak pada 3 Februari 2023,” ungkapnya.

Tahap selanjutnya adalah tes kompetensi managerial dan sosial kultural (assesmen center) pada 6-7 Februari 2023. Kemudian presentasi makalah dan wawancara pad 13-14 Februari 2023. Pengolahan dan penyusunan hasil tes pada 14 Februari 2023.

“Penyampaian hasil akhir kepada bupati pada 15 Februari 2023,” jelasnya.

Belum Terisi, Empat Jabatan Eselon II di Pemkab Purbalingga Akan Dilelang

Pengumuman hasil akhir seleksi terbuka dan kompetitif pada 16 Februari 2023. Pada hari yang sama ada penyerahan hasil seleksi terbuka tersebut kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Setelah itu, jika semuanya lancar maka akan ada pelantikan.

“Sesuai jadwal pelantikan pada 10 Maret 2023,” katanya lagi.

Empat jabatan Kepala Dinas di Pemkab Purbalingga kosong sejak akhir tahun 2022. Kondisi tersebut karena pejabat lama mutasi ke jabatan lain. Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) mengatakan untuk pengisian jabatan tersebut melalui mekanisme lelang jabatan.

Berita Terpopuler

Berita Terkini