Senin, 5 Desember 2022

Material Sampah Paska Banjir Menumpuk di Sungai Avoor, TNI dan Warga Kerja Bakti

Warga dan TNI Polri melakukan kerjabakti membersihkan sampah di sungai Avoor Desa Cilongkrang Kecamatan Wanareja.

Bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Cilacap beberapa waktu lalu masih menyisakan berbagai material sampah di sungai-sungai.


Cilacap, Serayunews.com

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir kembali disaat intensitas hujan yang kembali tinggi, warga dan TNI Polri melakukan kerjabakti membersihkan sampah di sungai Avoor Desa Cilongkrang Kecamatan Wanareja.

Pasalnya, usai banjir beberapa saat lalu, menyisakan sampah-sampah dan batang pohon yang tertahan di tiang jembatan maupun sekitar sungai.

Kepala Desa Cilongkrang Endang Wahyu mengatakan agar aliran air sungai lancar saat hujan kembali datang, maka sampah-sampah perlu dibersihkan.

“Agar jika hujan kembali datang, aliran sungai lancar dan tidak terhambat karena ada sampah,” ujarnya.

Apalagi jumlah sampah yang masuk ke sungai volumenya tidak sedikit, karena saat banjir lalu sampah-sampah menumpuk di beberapa titik.

Babinsa Koramil 16 Cilongkrang Sertu Heriyadi mengatakan membersihkan sampah dilakukan untuk meminimalisir banjir yang masih bisa terjadi di musim hujan ini.

“Salah satu upaya kita untuk mencegah adanya banjir yaitu dengan melakukan normalisasi aliran sungai dari sampah dan material lain yang menghambat aliran air,” ujarnya.

Kegiatan kerjabakti menjadi efektif dan tepat sasaran karena juga melibatkan pihak Pemerintah Desa Cilongkrang, warga setempat maupun TNI, untuk membersihkan sampah di sungai.

Berita Terpopuler

Berita Terkini