Jumat, 9 Desember 2022

Mengenal Nasi Nelayan, Menu Baru Khas Cilacap 

Potret hidangan nasi nelayan sebagai menu baru ciri khas Cilacap yang tersedia di outlet YK Rasa, di Aroma Food Court Jalan Kauman Cilacap, Senin (31/10/2022). (Irfan/Serayunews)

Jika di Jakarta ada menu makanan khas seperti kerak telor atau gado-gado, Cilacap ternyata juga terdapat makanan khas yang tergolong baru, yaitu nasi nelayan. Meski masih awam di telinga masyarakat lokal, namun siapa sangka menu yang satu ini sudah banyak digemari para pelancong.


Cilacap, serayunews.com

Adalah Yati Kilam, sosok yang mencetuskan pertama kali ide menu tersebut. Latar belakangnya sebagai orang asli Cilacap, Yati ingin menambah menu ciri khas citarasa yang mencerminkan Bumi Wijayakusuma sebagai wilayah pesisir.

“Iya, misalnya di Jogja ada nasi gudeng, di Cirebon ada nasi jamblang. Saya ingin di Cilacap ada nasi nelayan, karena di pesisir,” katanya kepada serayunews.com, Senin (31/10/2022).

Ia menceritakan, adapun nasi nelayan merupakan menu nasi yang berpadu dengan tuna suwir dan oseng dages. Dalam memasaknya, daging ikan tuna besar disuwir dengan ukuran tertentu, lalu dioseng dengan bumbu rempah pilihan.

“Nah, kalau memasak oseng dagesnya seperti pada umumnya saja, namun kalau saya sebelum dimasak dagesnya itu direndam dengan air hangat lalu diperas. Agar mendapatkan tekstur yang lembut dan lezat,” tuturnya.

Menu masakan khas Cilacap yang satu ini, bisa dicicipi di rumah makan YK Rasa yang berada di Jalan Lingkar Selatan No. 45 PPC Cilacap Selatan. Atau di outlet YK Rasa di Aroma Food Court Jalan Kauman Cilacap.

Hanya dengan Rp 35 ribu saja, sudah bisa menikmati kelezatan menu olahan daging ikan tuna, nasi nelayan.

Berita Terpopuler

Berita Terkini