Rabu, 5 Oktober 2022

Meriahkan HUT RI, Bapor 4Gass Pertamina Cilacap Bagikan Ratusan Paket Sembako

Anggota 4Gass saat membagikan paket sembako di Pulau Momongan, Minggu (7/8/2022). (Dok 4Gass)

Badan Pembina Olahraga (Bapor) 4 Gass, wadah bagi penggemar olahraga motor Harley Davidson dan RX King di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, menyelenggarakan bakti sosial membagikan paket sembako, Minggu (7/8/2022).


Cilacap, serayunews.com

Kegiatan dalam rangka HUT ke-77 RI ini, berlangsung di Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia (PPLSU) Dewanata Kesugihan dan Pulau Momongan, Cilacap.

Pjs. GM PT KPI RU IV Cilacap, Arief Budiyanto melepas peserta dari kompleks Perumahan Pertamina Gunung Simping.

“Melalui kegiatan ini, semoga menjadi sarana menjalin silaturrahmi dengan masyarakat. Mereka terbantu dengan pembagian paket sembako dan kegiatan ini, memberikan manfaat,” pesan Arief.

Rombongan selanjutnya menyusuri jalan Juanda, Perintis Kemerdekaan untuk kemudian menuju titik bakti sosial pertama di PPSLU Dewanata di Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan. Di panti yang menampung para lansia ini, 4Gass membagikan 40 buah paket sembako.

Dari panti Dewanata, perjalanan berlanjut ke Pulau Momongan, Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu sejauh 33 km. Ini adalah pulau tak berpenghuni, di aliran sungai Bodo Ijo dan masuk dalam wilayah Kabupaten Cilacap. Pulau ini terbentuk dari sedimentasi sungai di perbatasan Kabupaten Cilacap dan Kebumen.

Untuk menuju pulau seluas sekitar 2 hektar tersebut, pengunjung harus menaiki perahu dengan waktu tempuh sekitar 10 menit dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jetis. Sebuah dermaga kecil berada di bagian depan pulau Momongan, menjadi area tambatan perahu yang membawa para pengunjung.

Penyerahan Simbolis

Sementara, sejauh mata memandang, hamparan rimbun pohon mangrove menyelimuti sekujur pulau yang menjadi salah satu wilayah binaan PT KPI RU IV. Program penanaman 50 ribu pohon mangrove yang diinisiasi PT KPI RU IV pada 2020 lalu, mulai bisa dinikmati hasilnya saat ini.

Di pulau Momongan, 4Gass secara simbolis menyerahkan 85 paket sembako kepada warga sekitar dan pengelola wisata pulau Momongan.

“Ini cara kami memperingatai HUT RI ke-77, melihat langsung wilayah binaan PT KPI sekaligus berbagi. Tadi sudah berawal di Panti Dewanata sebagai bukti cinta kami kepada mbah kakung dan mbah putri, berlanjut ke Pulau Momongan. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban mereka,” kata Andi Wisaksono, Ketua Bapor 4Gass.

Ia menambahkan, melalui kegiatan ini juga menjadi sarana mengenalkan dan menyebarluaskan potensi wisata Pulau Momongan. Sehingga lebih terkenal sekaligus membantu UMKM masyarakat setempat.

“Luar biasa keindahan alam yang bisa kita saksikan di sini. Layak masuk daftar kunjungan wisata. Kami pasti ikut mengabarkan potensi wisata alam ini,” imbuh Andi.

Ketua Kelompok Mangrove Alam Lestari Desa Jetis, Tasimin, mengapresiasi kepedulian Bapor 4Gass dalam bakti sosial ini.

“Kami sampaikan terima kasih atas bantuan dan kepeduliannya dengan pembagian sembako dari Bapor 4Gass. Semoga Pertamina semakin berkah dan tetap jaya,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini