Jumat, 24 September 2021

Peduli di Tengah Pandemi, Pelaku UMKM Purbalingga Bagikan Makanan untuk Tenaga Kesehatan

peduli covid-19, kopi bathok, serayunews, serayu news, berita terkini, berita hari ini, purbalingga
Pelaku UMKM kuliner “Kopi Bathok” membagikan makanan siap saji kepada petugas kesehatan di sejumlah rumah sakit di Kabupaten Purbalingga. Sebanyak 500 makanan siap saji dibagikan Minggu (25/7/2021). (Joko Santoso)

Pandemi Covid-19 yang melanda memunculkan kepedulian dan solidaritas dari berbagai kalangan. Termasuk kepada tenaga tenaga kesehatan yang sedang melaksanakan tugas merawat pasien Covid-19. Salah satunya yang dilakukan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Purbalingga.


Purbalingga, serayunews.com

“Hari ini membagikan makanan siap saji bagi tenaga kesehatan di sejumlah rumah sakit. Bagaimanapun mereka merupakan salah satu garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Kebutuhan asupan makanan yang bergizi harus terpenuhi,” kata Syamsulrizal Hadi, pemilik usaha kuliner Kopi Bathok, Minggu (25/7/2021).

Hari itu pihaknya menyiapkan 500 makanan siap saji dalam bentuk kemasan untuk dibagikan kepada tenaga kesehatan di sejumlah rumah sakit. Menu yang disiapkan menurutnya sesuai dengan standar kebutuhan gizi.

“Makanan siap saji dalam kemasan tersebut terdiri dari nasi, sayuran serta lauk yang terdiri dari daging ayam dan telur,” ungkapnya.

Disampaikan, makanan tersebut dibagikan kepada tenaga kesehatan di sejumlah rumah sakit. Masing-masing Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Goeteng Tarunadibrata, Panti Nugroho, Siaga Medika, Harapan Ibu, Nirmala, At Tin, serta Klinik Mitra Permata Husada.

“Makanan langsung kami kirimkan ke masing-masing rumah sakit,” terangnya.

Dia berharap bantuan makanan siap saji tersebut bisa membantu tenaga kesehatan untuk memenuhi kebutuhan gizi terutama dari makanan. Menurutnya ide membagikan makanan tersebut merupakan gagasan spontan.

“Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sejak 3-25 Juli ini kami tidak beroperasi. Kami lalu berinisiatif untuk memberdayakan tukang masak, serta pegawai lainnya untuk menyajikan menu makanan bagi tenaga kesehatan,” terangnya.

Selain kepada petugas kesehatan, pihaknya juga membagikan makanan siap saji untuk petugas yang masuk dalam gugus tugas penanganan Covid-19 di Kabupaten Purbalingga. Menurutnya apa yang dilakukan tersebut merupakan upaya membantu dalam penanganan Covid-19.

“Kami siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menggalang kepedulian dan solidaritas di tengah pandemi. Termasuk dengan pelaku UMKM yang lain,” imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini