Selasa, 28 September 2021

Pemkab Banjarnegara Motivasi Desa Lewat Lomba Administrasi, Juaranya Desa Kalilunjar

Penyerahan hadiah kepada Desa Kaliunjar. (Maula)

Setelah melalui proses penilaian yang panjang, Desa Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu keluar sebagai juara I lomba administrasi desa tingkat kabupaten tahun 2021. Penyerahan piala dilakukan langsung oleh bupati Banjarnegara Budhi Sarwono pada Kepala Desa Kalilunjar Slamet Rahardjo.


Banjarnegara, serayunews.com

Kepala Dispermades PPKB Kabupaten Banjarnegara Hendro Cahyono mengatakan, lomba tersebut digelar sebagai upaya dan strategi pemerintah daerah untuk mendorong pemerintah desa dalam menjaga stabilitas kinerja pemerinrtahan di tingkat desa. Penilaian lomba ini sendiri lebih pada evaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa di seluruh wilayah Kabupaten Banjarnegara.

“Evaluasi ini kami konsep dengan dilombakan, sehingga ada motivasi pemerintahan desa dalam menerapkan tertib administrasi. Pemerintah desa juga lebih bersemangat dalam menerapkan tertib administrasi. Secara umum, penyelenggaraan pemerintahan desa di Banjarnegara sudah baik dan tertib administrasi,” katanya.

Dari lomba ini, selain Desa Kalilunjar, Desa Kebutuhjurang, Kecamatan Pagedongan berhasil meraih juara II disusul Desa Petambakan Kecamatan Madukara sebagai juara III.

Sementara itu, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan, adanya penilaian yang dilombakan dalam tertib administrasi ini dimaksudkan untuk menambah motivasi dan memacu semangat bagi perangkat desa, lembaga-lembaga desa dan masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam membangun desa.

Kades Kalilunjar Slamet Rahardjo alias Sakum mengaku sangat bersyukur bahwa desa yang dipimpinnya menjadi yang terbaik di Banjarnegara dalam lomba administrasi desa tahun 2021.

“Saya juga mengapresiasi teman-teman perangkat desa dan warga kami yang telah bahu-membahu, sehingga desa kami menjadi yang terbaik setelah dinilai oleh tim lomba di tingkat kabupaten, ajang ini memiliki gengsi yang cukup tinggi bagi pemerintahan desa. Sebab, kami sudah menjalankan aturan sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini