Sabtu, 29 Januari 2022

Pengamanan Objek Vital Nasional di Cilacap Perlu Ditingkatkan, Ini Penjelasan Pangdam IV Diponegoro

Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto foto: ulul azmie

Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto menilai pengamanan objek vital nasional (Obvitnas) di Kabupaten Cilacap perlu ditingkatkan kontijensi dan standar operasional prosedurnya. Sebab, pengamanan saat ini perlu menyesuaikan kecanggihan teknologi.


Cilacap, serayunews.com

Hal tersebut disampaikan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rurdianto saat mengunjungi Obvitnas Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit IV Cilacap. Menurutnya, saat dimintai saran terkait dengan sistem pengamanan, Pangdam menilai perlu meningkatkan kecanggihan teknologi dengan perkembangan zaman yang kini sudah diterapkan di berbagai negara maju, seperti pengamanan anti drone.

Baca juga  Setelah 11 Tahun Putus, Jembatan di Sragen Ini Kembali Berfungsi

Selain meningkatkan keamanan berbasis teknologi, kewaspadaan juga perlu ditingkatkan dengan adanya Lembaga Pemasyarakatan di Nusakambangan dengan pengamanan super maksimum yang berdekatan dengan Obvitnas. Sebab di sana terdapat narapidana dengan risiko tinggi.

Untuk itu kepada seluruh Perwira, Bintara TNI yang bertugas diperbantukan di PT Pertamina, Pangdam IV menegaskan agar keamanan objek vital nasional menjadi prioritas dan tidak dianggap sebagai rutinitas pengamanan saja.

“Kepada Perwira, Bintara yang bertugas di sini, titip, tidak boleh lengah, gak boleh main-main, orang yang masuk harus detil dicek, no excuses, tidak ada kompromi, karena itu pertaruhan, terus berjuang lakukan pengamanan,” ujarnya, Kamis (13/01/2022).

Baca juga  Catat Jadwalnya! Aksi Kiper Cantik asal Banjarnegara di Piala Asia Bisa Ditonton di INews

Pangdam juga berharap agar Pertamina lebih menyatu dan meningkatkan CSR kepada masyarakat, sehingga masyarakat ikut memiliki dan mereka orang pertama yang akan membela Pertamina jika disentuh siapapun.

“Saya titip kepada Kodim 0703 Cilacap, satukan rakyat dengan Pertamina sehingga Pertamina menjadi bagian milik masyarakat Kabupaten Cilacap. Pertamina adalah milik bangsa yang harus kita pertahankan, kita jaga untuk kedaulatan energi bersama,” ujarnya.

Selain meninjau objek vital nasional Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap, Pangdam beserta rombongan juga meninjau pembangunan penataan kawasan hijau di lapangan eks Batalyon Cilacap dan PT S2P Cilacap.

Baca juga  Biadab! Pemuda di Banjarnegara Ini Tega Habisi Keponakan Sendiri Demi HP, Pembunuhan Bocah 9 Tahun Terkuak 

Dalam kunjungannya di Cilacap, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto beserta rombongan didampingi Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Ketua DPRD Taufik Nurhidayat, dan sejumlah Perwira TNI.

Berita Terkait

Berita Terkini