Kamis, 21 Oktober 2021

Pengelola Wisata di Cilacap Curhat Belum Boleh Beroperasi, Sementara Tempat Hiburan Sudah Dibuka

Pesona Serayu. (Irfan)

Para pengelola tempat wisata di Kabupaten Cilacap, yang tergabung dalam paguyuban desa wisata mengharapkan adanya kelonggoaran perihal operasional tempat wisata. Sebab, sejak diberlakukannya rangkaian PPKM, seluruh tempat wisata di Cilacap tidak dibolehkan beroperasi.


Cilacap, serayunews.com

Salah satu anggota paguyuban desa wisata yang juga pengelola Pesona Serayu Ngadino menyebutkan, baik dirinya maupun para pengelola lain, semakin kebingungan lantaran sampai saat ini belum diperbolehkan mengoperasikan tempat wisata. Selain itu, para pedagang pun selalu menanyakan kapan mereka dapat berjualan kembali.

“Kami bingung karena ditekan pedagang, mereka tanya terus kapan bisa buka. Karena mereka hanya berdagang di tempat wisata,” katanya kepada serayunews.com, Selasa (31/9/2021).

Di sisi lain, lanjutnya, tempat makan atau pun cafe saat ini sudah diperbolehkan beroperasi. Bahkan tempat hiburan pun sudah ada yang terlihat membuka fasilitasnya. Ia mencontohkan, seperti halnya tempat hiburan yang lokasinya berada di depan wisata Pesona Serayu, tempat itu terpantau menjalankan aktivitasnya seperti biasa.

“Saya patokannya depan saya (tempat hiburan, red) mereka pun beroperasi normal, masa kami sampai saat ini belum bisa, yang jadi ganjalan pedagang kan itu,” ujarnya.

Sehingga, kata dia, pihaknya pun memohon pertimbangan dan kebijakan yang dapat memihak pada sektor wisata. Misalnya dapat memberikan sedikit kelonggoran, atau minimal masyarakat yang hidupnya bergantung pada sektor wisata, dapat kembali mengais rezeki sedikit demi sedikit.

“Kami tutup sudah dua bulan, bantuan memang ada, tapi tidak bisa diandalkan dan tidak bertahan lama. Harapan kami ada kelonggaran dari pemerintah,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini