Minggu, 25 September 2022

Pesta Rakyat Purbalingga, Jadi Puncak Perayaan HUT Koperasi ke 75 

Pesta Rakyat Purbalingga, Jadi Puncak Perayaan HUT Koperasi ke 75 
Kemeriahan di Taman Kota Usman Janatin dalam memperingati HUT Koperasi ke 75, Minggu (17/07/2022). (Amin/Serayunews)

Taman Kota Usman Janatin berubah seperti lautan manusia, Minggu (17/07/2022) pagi. Warga Kabupaten Purbalingga dari berbagai penjuru, tumplek di lokasi itu meramaikan pesta rakyat sebagai puncak acara Hari Koperasi ke 75 di Purbalingga.


Purbalingga, serayunews.com

Beragam jenis makanan produk UMKM Purbalingga, terpajang di halaman Usman Janatin. Jajanan tersebut, gratis bagi masyarakat yang datang. Berbagai hadiah menarik, juga ada pada acara tersebut.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi dan juga Ketua DPRD Purbalingga, Bambang Irawan. Keduanya berbaur di tengah masyarakat, ikut senam bersama.

Dalam sambutannya, Tiwi menyampaikan apresiasi kepada koperasi yang keberadaanya telah mendukung pemulihan ekonomi. Hal itu seperti yang menjadi fokus dari Presiden Republik Indonesia.

“Saya berharap di usia yang ke-75, koperasi-koperasi di Purbalingga semakin maju, semakin jaya. Tentunya semakin berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” kata Tiwi.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM), Bambang Triono mengatakan, rangkaian kegiatan Hari Koperasi berawal dengan Donor Darah pada 13 Juli 2022. Acara berlanjut dengan Pesta Rakyat sebagai puncak acara yang mengundang insan-insan perkoperasian di Purbalingga. Dalam gelaran tersebut, turut juga diborong produk UMKM Purbalingga untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

“Kurang lebih ada 10 UMKM yang ikut memeriahkan Pesta Rakyat Hari Koperasi. Ada stand jajanan pasar, siomay, sate ayam, bubur, dan yang lainnya,” kata Bambang Triono.

Animo masyarakat, mengikuti gelaran Pesta Rakyat Hari Koperasi cukup tinggi. Terlebih Pemkab Purbalingga juga membagikan beberapa hadiah menarik, untuk masyarakat usai senam bersama.

“Doorprize ada beberapa. Yakni satu unit kulkas, dua unit sepeda, mesin cuci, televisi dan hadiah-hadiah menarik lainnya,” ujarnya.

Dapat Kulkas

Reri, warga Padamara yang kesehariannya bekerja di PT Sampoerna mengaku senang. Terlebih dirinya berhasil mendapatkan kulkas setelah menjawab pertanyaan dari Bupati Tiwi. Reri, berhasil menjawab dengan benar slogan koperasi.

“Alhamdulillah, senang sekali bisa bertemu langsung dengan bupati Purbalingga. Selain itu juga bisa dapat hadiah satu unit kulkas dari Bu Tiwi,” ujar Reri.

Dalam kegiatan tersebut, Pemkab Purbalingga menyerahkan penghargaan bagi Koperasi Berprestasi. KPRI Guyub Rukun Karangmoncol sebagai Juara 1, Primer Koperasi Kepolisian RI Juara 2, KPRI Sekar Mrebet Juara 3, Harapan 1 diraih KPRI Mempeng Kaligondang, Harapan 2 KSP Rukun Kalikajar, dan Harapan 3 KSPPS AsSyamsu Kemangkon. Selain itu, Bupati Tiwi juga menyerahkan dana hibah kepada ketua Dekopinda senilai Rp35 juta.

Berita Terpopuler

Berita Terkini