Kamis, 11 Agustus 2022

PGRI Banjarnegara, Usulkan Kenaikan Tunjangan Kepala Sekolah

PGRI Banjarnegara, Usulkan Kenaikan Tunjangan Kepala Sekolah
PGRI Banjarnegara, Usulkan Kenaikan Tunjangan Kepala Sekolah

Masih rendahnya Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan hingga minimnya minat para guru untuk menjadi kepala sekolah khususnya tingkat sekolah dasar, menjadi satu permasalahan yang terjadi di Banjarnegara. Untuk itu, PGRI Kabupaten Banjarnegara langsung melakukan langkah cepat dengan melakukan audiensi dan berdiskusi dengan Pj Bupati Banjarnegara.


Banjarnegara, serayunews.com

Dengan kondisi itu, maka kolaborasi pemerintah dengan PGRI selaku induk organisasi profesi tenaga pendidik mutlak harus terlaksana. Sehingga akan tercipta sistem pendidikan yang baik, demi meningkatkan SDM di tengah masyarakat.

Baca juga  Jelang 1 Suro, Warga Brayut Banjarnegara Gelar Merti Dusun

Ketua PGRI Banjarnegara, Noor Tamami mengatakan, APK di Banjarnegara memang masih tergolong rendah, termasuk minat guru untuk menjabat sebagai kepala sekolah, khususnya untuk jenjang pendidikan sekolah dasar. Sehingga saat ini, banyak kekosongan kepala sekolah di Banjarnegara untuk jenjang sekolah dasar.

Selain itu, permasalahan lainnya adalah banyaknya sekolah yang mengalami penurunan jumlah murid hingga harus ada regruping. Minimnya tunjangan kepala sekolah juga menjadikan permasalahan tersendiri saat dinas terkait membuka lowongan seleksi calon kepala sekolah.

“Ini memang menjadi persoalan tersendiri, tidak hanya kepala sekolah, kita juga masih banyak kekurangan tenaga pendidik. Untuk itu, kami PGRI siap untuk melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan pendidikan di Banjarnegara,” katanya.

Baca juga  Bertolak ke Semarang, Ini Target Andalas Banjarnegara di Liga Santri Tingkat Kodam IV

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Banjarnegara, Agung Yusianto mengatakan, untuk mengisi kekosongan kepala sekolah jenjang sekolah dasar ini masih menunggu lulusan dari program guru penggerak, selain itu pihaknya juga tengah mengajukan penambahan tunjangan bagi kepala sekolah yang ada di Banjarnegara.

Menanggapi hal tersebut, Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto mengatakan, pendidikan merupakan sektor yang sangat penting, sehingga harus mendapatkan perhatian khusus, kolaborasi dan kerjasama dengan PGRI menjadi satu upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Banjarnegara.

“Pemerintah juga butuh masukan dari PGRI untuk masalah pendidikan. Termasuk usulan kenaikan anggaran tunjangan kepala sekolah. Satu masalah jabatan kepala sekolah tidak menarik ini karena tanggung jawab mereka besar, sementara tunjangannya kecil. Kita berharap semoga pada anggaran perubahan tahun ini kenaikan tunjangan bagi kepala sekolah bisa terealisasi,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini