Senin, 23 Mei 2022

Polisi Periksa Sejumlah Objek Wisata di Banyumas, Ada Apa?

Pemantauan pihak Polresta Banyumas pada objek wisata di Banyumas jelang Lebaran. DOK

Aparat gabungan dari Sat Binmas dan Sat Sabhara Polresta Banyumas melakukan pemeriksaan di sejumlah tempat wisata di Kabupaten Banyumas. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan sarana protokol kesehatan dan penerapan protokol kesehatan di objek wisata berjalan dengan baik dan benar.


Banyumas, serayunews.com

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol M Firman L Hakim melalui Kasat Binmas, Kompol Wahyono mengatakan pengecekan sejumlah objek wisata tersebut merupakan rangkaian kegiatan Operasi Ketupat Candi 2021 oleh Polresta Banyumas.

Baca juga  Pengunjung Membludak, Jalur Wisata Dieng Sempat Macet

“Kami tidak sendiri, ada juga dari pihak BPBD Kabupaten Banyumas, dimana kami bersama-sama melakukan pengecekan di sejumlah objek wisata,” ujar dia.

Wahyono menambahkan, objek wisata yang dilakukan pemeriksaan di antaranya, Lokawisata Baturraden, Wisata Palawi, Telaga Sunyi dan The Village.

“Selain pemantauan penerapan prokes di objek wisata, tim juga melakukan pemantauan wisatawan, pengecekan sarana prokes dan juga memberikan imbauan tentang prokes. Hal ini untuk mengantisipasi adanya lonjakan masyarakat yang terpapar covid-19 di masa liburan Idulfitri 2021,” kata dia.

Sementara itu menurut Kasat Sabhara, Kompol Aldino, pihaknya juga memastikan untuk pengunjung objek wisata kapasitasnya sudah sesuai dengan peraturan protokol kesehatan yang ada. Dimana pihaknya mencatat, kapasitas Lokawisata Baturraden sebanyak 15 ribu orang, sehingga mereka hanya memperbolehkan setengah dari total kapasitas yang ada, hal tersebut juga berlaku bagi objek wisata yang lain.

Baca juga  Tanah Bergerak di Sumpiuh Banyumas, Satu Musala dan 10 Rumah Terdampak

“Dari pantauan kami, meski ada pembatasan kapasitas, pengunjung yang datang masih cukup landai. Selain itu, pengelola juga sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dari mulai menyediakan tempat cuci tangan hingga berbagai poster himbauan. Kami berharap masyarakat atau pengunjung yang datang akan terus mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan, sehingga mereka dapat berwisata dengan aman, nyaman dan tanpa bahaya tertular Covid-19,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini