Rabu, 5 Oktober 2022

Pondok Pemuda Sempat Mangkrak, Pos Pendakian Gunung Slamet di Bambangan Ini Diaktifkan Lagi

Gedung Pos Pemuda Di Dusun Bambangan
Dinporapar Kabupaten Purbalingga menyerahkan Gedung Pos Pemuda di Dusun Bambangan kepada Pokdawis Kutabawa untuk melakukan pengelolaan di Pondok Pemuda Bambangan, Desa Kutabawa, Karangreja, Jumat (15/7/2022). (Amin/Serayunews)

Pondok Pemuda yang berada di Dusun Bambangan, Kutabawa, Karangreja, akhirnya aktif kembali. Sebelumnya, bangunan yang menjadi pos pendakian Gunung Slamet via Bambangan ini sempat mangkrak, ketika terjadi peralihan pengelolaan pendakian Gunung Slamet.


Purbalingga, serayunews.com

Pondok Pemuda yang berada di Dusun Bambangan ini, kembali aktif setelah mangkrak saat pengelolaan pendakian di bawah Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Banyumas Timur.

Setelah pengaktifan ini, Pemda Purbalingga melalui Dinporpar, menyertakan Pokdawis Abyudaya Kutabawa untuk pengelolaannya.

“Hari ini (Jumat, red) kami menyerahkan perjanjian kerjasamanya. Semoga Pondok Pemuda bisa kembali menjadi salah satu daya tarik wisata di Purbalingga,” kata Kepala Dinporapar, Prayitno didampingi Kabid Pariwisata pada acara Ngopi Bareng dan Sarasehan di Pondok Pemuda Bambangan, Desa Kutabawa, Karangreja, Jumat (15/07/2022).

Prayitno berharap, Pokdarwis Abyudaya bisa optimal mengelola Pondok Pemuda tersebut. Mengenai pemanfaatan, Pemkab menyerahkan Pokdawis untuk berinovasi.

“Dusun Bambangan adalah basecamp pendakian utama ke Gunung Slamet. Silakan berkreasi, bisa untuk homestay, cafe, atau tempat singgah para pendaki,” ujarnya.

Siswo, Ketua Pokdarwis Abyudaya menyatakan, siap mengelola Pondok Pemuda.

“Kami mohon kerjasamanya para pelaku wisata, agar Pondok Pemuda kembali populer,” ujarnya.

Kepala Desa Kutabawa, Budiyono, mendukung penuh Pokdarwis Abyudaya. Menurutnya, desa akan bersinergi dengan Pokdarwis, untuk mengembangkan Kutabawa menjadi Desa Wisata di Purbalingga.

Pada kesempatan itu, juga ada penyerahan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kemenparekraf kepada Desa Wisata Serang (100 besar) dan Sirau (500 besar).

Kemudian, ada juga penyerahan SK Forum Komunikasi Desa Wisata dan Pokdarwis kepada kepengurusan periode 2022-2026.

Acara kemudian berlanjut dengan bincang-bincang untuk optimalisasi Pondok Pemuda dan wisata pendakian Gunung Slamet, dengan pegiat wisata seperti Tourism Information center (TIC), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), My Trip My Adventure (MTMA), FK Pokdarwis / Deswita dan Komunitas Pecinta Alam Purbalingga.

Semoga, Pondok Pemuda Bambangan bisa menjadi salah satu spot wisata di Purbalingga dan terjadi kolaborasi antar stakeholder pariwisata supaya Purbalingga semakin memikat.

Berita Terpopuler

Berita Terkini