Minggu, 25 September 2022

Puluhan Atlet Berkebutuhan Khusus, Ramaikan Festival Olahraga Disabilitas yang Digelar NPCI Banyumas

Sejumlah atlet berkebutuhan khusus, berkumpul dalam Festival Olahraga Disabilitas yang digelar oleh NPCI Banyumas, di Gor Satria Purwokerto, Minggu (18/9/2022). (Shandi Yanuar)

Nasional Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Banyumas, menggelar Festival Olahraga Disabilitas di GOR Satria Purwokerto, Minggu (18/9/2022). Festival tersebut, berhasil menarik banyak atlet disabilitas yang akan menjadi bagian dari NPCI Banyumas.


Purwokerto, serayunews.com

Ketua NPCI Kabupaten Banyumas, Suwondo Geni menjelaskan, ada 96 peserta berkebutuhan khusus yang ikut festival tersebut. Ia menyebutkan, festival tersebut untuk menarik minat dan bakat di bidang olahraga penyandang disabilitas di Kabupaten Banyumas.

“Ini juga bertujuan untuk silaturahmi, mengumpulkan beberapa warga Banyumas yang punya kebutuhan khusus. Kami juga ingin mengarahkan, agar mereka punya potensi bakat dan kemudian akan kami rekomendasikan untuk mengikuti cabang olahraga sesuai minat dan bakatnya,” kata dia.

Setelah banyaknya peserta yang terjaring, nantinya NPCI Kabupaten Banyumas bakal melakukan pendataan dengan memasukannya ke data base yang ada. Kemudian, baru akan ada penyusunan jadwal latihan rutin.

“Besok juga akan ada talent scouting dari provinsi. Ada lima cabang olahraga dalam ajang ini meliputi atletik, catur, bulutangkis, tenis meja, dan renang,” ujarnya.

Dalam festival tersebut, NPCI Banyumas juga berharap adanya tambahan 50 atlet disabilitas.

Masih di lokasi yang sama, salah satu peserta Festival Olahraga Disabilitas, Sufrudin Supriyadi (21), warga Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas mengaku, sangat senang mengikuti festival tersebut. Ia mengaku ingin menjadi atlet yang mampu membanggakan Banyumas serta keluarga.

“Kalau motivasi saya itu ingin mengangkat derajat orangtua, serta mengharumkan nama Banyumas di kancah nasional hingga dunia,” kata dia.

Berita Terpopuler

Berita Terkini