Rabu, 20 Oktober 2021

Puluhan Mahasiswa Bentangkan Spanduk di Bundaran Alun-alun Cilacap, Begini Aksinya

Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Al Ghozali Cabang Cilacap, gelar aksi damai di Bundaran Alun-alun Cilacap, Kamis (14/10). (Ulul)

Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Al Ghozali Cabang Cilacap, gelar aksi damai di Bundaran Alun-alun Cilacap, Kamis (14/10). Dalam aksinya, mereka menggelar orasi tentang refleksi Sumpah Pemuda dan deklarasi Korp Perkawis Enggal dengan membentangkan sejumlah spanduk.


Cilacap, serayunews.com

Aksi damai digelar di bundaran alun-alun Cilacap tersebut berlangsung tertib dengan penjagaan ketat aparat keamanan setempat. Dalam aksinya tersebut, puluhan Mahasiswa melakukan orasi dan membentangkan spanduk maupun poster berisi tulisan mengenai refleksi Sumpah Pemuda dan deklarasi Korp Perkawis enggal. Aksi ini juga sebagai ajang anggota baru untuk mengasah mental dan memperkuat solidaritas.

Koordinator Lapangan (Korlap) Muhamad Zecky Arrahman menyampaikan, aksi dibentuk untuk merefleksikan kembali dan mengenang para pahlawan serta mengenang peranan pemuda di zaman dahulu. Selain itu, aksi ini juga menurutnya untuk  menekankan bagaimana pemuda sekarang yang dinilai bisa mencontoh pemuda terdahulu dalam mengisi perjuagan kemerdekaan agar tidak takut ditindas.

“Pesannya pemuda harus berani, jangan mau ditindas terutama dibungkam dalam segala bentuk penyampaian aspirasinya, karena pemuda dan mahasiswa merupakan alat untuk menyampaikan aspirasi masyarakat yang kadang jarang didengar oleh kaum Pemerintah dan kaum Elit Politik,” ujar Koordinator Lapangan dalam keterangannya kepada wartawan.

Dalam aksi tersebut ada tiga aspirasi yang disampaikan yakni mengajak seluruh elemen pemuda di Kabupaten Cilacap untuk kembali merefleksikan Sumpah Pemuda dan menghargai jasa para pahlawan perjuangan kemerdekaan. Serta mengajak seluruh elemen pemuda di Cilacap untuk lebih mengedepankan persatuan sesuai dengan nilai-nilai Sumpah Pemuda.

Selain itu, mendorong pemerintah Kabupaten Cilacap untuk lebih memperhatikan pemuda melalui program-program yang membawa spirit dan nilai-nilai moral yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini