Selasa, 24 Mei 2022

Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi, Polres Purbalingga Siap Menuju WBBM

Kapolres Purbalingga AKBP Era Jhony Kurniawan bersama Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), Wabup Sudono dan Ketua DPRD HR Bambang Irawan dalam pencanangan pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), di Aula DLas Karangreja, Rabu (30/3/2022) siang. (Humas Polres Purbalingga)

Polres Purbalingga telah menerima predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akhir tahun lalu. Namun demikian pelayanan kepada masyarakat terus ditingkatkan untuk mencapai Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).


Purbalingga, serayunews.com

Oleh karenanya Polres Purbalingga kembali melakukan pencanangan pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Pencanangan dilaksanakan di Aula DLas Karangreja, Rabu (30/3/2022) siang.

Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan mengatakan diawali dari pencanangan zona integritas di tahun 2018. Seiring berjalannya waktu akhirnya di akhir tahun 2021 Polres Purbalingga berhasil menerima predikat Wilayah Bebas dari Korupsi.

Baca juga  Kepergok Nyolong Sepeda, Pemuda di Purbalingga Ini Bakal Berlebaran di Balik Jeruji

“Kami ingin terus maju untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan harapan bisa mempertahankan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dan mampu mencapai predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani,” tegas Kapolres.

Disampaikan bahwa untuk mencapai predikat tersebut, Polres Purbalingga telah menyiapkan berbagi inovasi pelayanan kepada masyarakat. Inovasi tersebut di antaranya Matur Lurr (Masyarakat Teratur Layanan Untuk Rasan Rasan) sebagai inovasi komunikasi dua arah antara Polres Purbalingga dengan masyarakat.

“Dengan inovasi ini masyarakat bisa berkomunikasi melalui command center Polres Purbalingga, melalui podcast maupun aplikasi yang sedang kami persiapkan,” ungkapnya.

Selanjutnya inovasi bernama Panglima Kita (Patroli Antisipasi Gangguan Libatkan Masyarakat, Komunikatif, Inovatif, Taktis dan Inspiratif).

“Ini sebenarnya patroli biasa namun kami berikan semangat baru dengan uniform baru, masing-masing unitnya gabungan berbagai fungsi. Dengan demikian petugas patroli ini bisa melakukan penanganan pertama baik olah TKP maupun penanganan gangguan kamtibmas lainnya,” jelasnya.

Baca juga  Jangan Kaget, Ini Sasaran Pertama Kelompok yang Perlu Diberi Penyuluhan Anti Korupsi

Inovasi selanjutnya bernama Cimplung Takes (Cinta Masyarakat Peduli Lingkungan Tanpa Balas). Inovasi ini adalah kegiatan kemanusiaan dan rasa kepedulian Polres Purbalingga untuk berbagi kasih terhadap sesama khususnya masyarakat yang membutuhkan.

“Ada juga Wayang Bawor atau Bangga Woro-woro. Dimana dengan wayang ini kami memberikan sosialisasi maupun informasi kepada masyarakat dengan menggunakan media wayang,” jelasnya.

Kapolres menambahkan untuk inovasi selanjutnya bernama Mendoan (Melayani Dengan Optimal dan Amanah). Dengan inovasi ini terdapat beberapa pelayanan yang memudahkan masyarakat. Di antaranya pelayanan SKCK keliling dan laporan pengaduan keliling.

“Di dalamnya juga ada pelayanan konseling psikoterapi yang diberikan oleh tenaga ahli psikologi kepada korban kecelakaan lalu lintas, korban bencana alam maupun trauma healing,” katanya.

Baca juga  Sidak Jelang Lebaran, BPOM Temukan Ikan Teri Nasi Berformalin di Pasar Banjarnegara

Kapolres berharap dengan inovasi yang diluncurkan Polres Purbalingga bisa disebarluaskan dan disosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kepolisian dengan baik.

Kegiatan pencanangan dihadiri oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Wakil Bupati Purbalingga Sudono, Ketua DPRD Bambang Irawan dan unsur Forkopimda lainnya. Dalam kegiatan dilakukan deklarasi pencanangan pembangunan zona integritas wilayah bebas dari korupsi menuju wilayah birokrasi bersih melayani.

Dilakukan juga penandatanganan piagam pencanangan oleh Kapolres Purbalingga dan Forkopimda selaku saksi. Dilaksanakan juga penandatanganan pakta integritas dan penetapan standar pelayanan publik Polres Purbalingga.

Dalam acara ditampilkan di depan Forkopimda yel yel zona integritas oleh personel dari Satsamapta Polres Purbalingga. Selain itu, ditampilkan stand yang berisi masing-masing inovasi dan kelengkapan peralatan yang digunakan Polres Purbalingga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Berita Terkait

Berita Terkini