Jumat, 24 September 2021

Ratusan Warga Geruduk Gedung Golkar Cilacap, Ada Apa?

vaksinasi cilacap, vaksinasi massal, vaksin covid-19, vaksinasi dpd partai golkar, serayunews, serayu news, berita terkini, berita hari ini, cilacap
Warga mendapat suntikan vaksin. (Ulul Azmie)

Serbuan vaksinasi gencar dilakukan di Kabupaten Cilacap untuk memenuhi capaian target hingga 1,5 juta vaksin di tahun 2021 ini. Untuk mendukung pemenuhan target tersebut, Pemkab Cilacap libatkan berbagai pihak, mulai dari lembaga, instansi hingga Partai Politik untuk menggelar vaksinasi massal.


Cilacap, serayunews.com

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyambut baik berbagai pihak yang ikut membantu mendukung pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Cilacap. Salah satunya yang digelar DPD Partai Golkar Cilacap yang dilaksanakan di kantor DPD pada Sabtu (17/07/2021) yang menyasar masyarakat wilayah sekitar perkotaan.

Selain itu, untuk memastikan proses vaksinasi massal berjalan dengan baik dan sesuai protokol kesehatan, Bupati juga meninjau langsung pelaksaan vaksinasi yang digelar DPD Golkar Cilacap tersebut.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Cilacap mengucapkan terimakasih kepada DPD Partai Golkar Cilacap yang telah peduli perang terhadap Covid yang saat ini senjatanya vaksinasi,” ujar Bupati usai meninjau vaksinasi di gedung DPD Golkar Cilacap, Sabtu (17/07/2021).

Bupati Tatto meninjau proses vaksinasi. (Ulul Azmie)

Bupati menghimbau kepada masyarakat agar ikut sukseskan program percepatan vaksinasi serta menjadi relawan untuk mensosialisasikan protokol kesehatan, sebab menurutnya sudah banyak korban meninggal dunia akibat Covid-19.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Cilacap Sindy Syakir menyampaikan, kegiatan vaksinasi massal yang digelar merupakan rangkaian kegiatan Partai yang sebelumnya sudah dilaksanakan di RS PMC menyasar masyarakat Kecamatan Sampang dan sekitarnya. Sedangkan vaksinasi kali ini menyasar masyakat Kecamatan Cilacap Selatan dan sekitar perkotaan Cilacap.

Sindy mengatakan, serbuan vaksinasi yang digelar di kantor DPD menyasar sekitar 500 warga. Menurutnya, kegiatan tersebut juga untuk memudahkan masyarakat yang kesulitan mencari tempat vaksinasi. Dimana vaksinasi digelar untuk masyarakat umum umur 18 tahun keatas, diharapakan bisa tercapai herd immunity, masyarakat sehat dan ekonomi bisa bangkit kembali.

“Kita juga dikejar target sehingga seluruh stakeholder dilibatkan, termasuk Partai Politik. Prinsipnya Partai Golkar melaksanakan vaksinasi dengan menjaga protokol kesehatan ketat  mulai dari masuk hingga divaksin terdapat jalur khusus sehingga tidak menimbulkankan kerumunan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pramesti Griana Dewi mengatakan, kegiatan vaksinasi massal ikut membantu mempercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Cilacap, dimana dari target semula sebanyal 1,1 juta meningkat menjadin1,3 juta dan kini bertambah kelompok remaja menjadi 1,5 juta dosis tahun 2021 ini.

“Saat ini pelaksanaan vaksinasi baru mencapai 230 ribu vaksin atau sekitar 10%, sehingga dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak,” ujarnya.

Warga mendapat kartu vaksin. (Ulul Azmie)

Untuk mempercepat cakupan vaksinasi di Cilacap, Dinas Kesehatan akan membuat aplikasi pendaftaran online yang bisa diakses oleh masyarakat umum sehingga lebih mudah untuk mendapatkan vaksin. Namun sementara ini masih menggunakan metode vaksinasi massal, sehingga sasarannya masih terbatas kepada warga disekitar tempat pelaksanaan vaksin.

“Kita juga akan percepat jika vaksin yang kita terima jumlahnya banyak, akan diupayakan termasuk dengan vakasinasi massal dan online yang bisa diakses semua faskes vaksinator sehingga akan terbagi secara merata dan masyarakat bisa memilih tempat vaksin,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Teti Rohatiningsih mengapresiasi kepada DPD Golkar Cilacap dan Gugus Tugas Cilacap yang telah menggelar vaksinasi massal tersebut. Menurutnya, dia mendapat tugas dari Ketua DPP untuk memonitor terhadap pelaksanaan cakupan vaksinasi di dapilnya.

“Pelaksanaan vaksinasi yang digelar kedua kalinya sebelumnya di RS PMC berjalan sesuai dengan prorokol kesehatan, dengan program Yellow Clinic yang dicanangkan dari pusat untuk ditindaklanjuti di kabupaten/kota seluruh indonesia, dan mensuport pengadaan vaksinnya dimana masyarakat sehat ekonomi akan bangkit,” ujarnya.

Serbuan vaksin yang digelar di Kantor DPD Partai Golkar melibatkan petugas vaksinator dari Yellow Clinic. Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Anggota DPR RI Teti Rohatiningsih, Anggota DPD Golkar Jawa Tengah, Ketua DPD Golkar Cilacap Sindy Syakir, Ketua Komisi A DPRD Cilacap Mitra Patriasmoro, Wakil Ketua DPD Ekanto Wahyuning Santoso, dan sejumlah anggota DPRD Cilacap Fraksi Partai Golkar.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini