Selasa, 28 September 2021

Ratusan Warga Serbu Vaksinasi di Kantor DPC PDI Perjuangan Cilacap

Vaksinasi DPC PDI Perjuangan Cilacap. (Ulul Azmie)

DPC PDI Perjuangan Cilacap membantu fasilitasi program percepatan vaksinasi masyarakat di Kabupaten Cilacap. Kegiatan vaksinasi yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan itu digelar di kantor DPC dan menyasar sebanyak 300 warga setempat.


Cilacap, serayunews.com

Pelaksanan vaksinasi berlangsung di Kantor DPC PDI Perjuangan Cilacap dengan penerapan protokol kesehatan ketat seperti cek suhu tubuh, mecuci tangan/hand sanitizer, memakai masker dan menjaga jarak. Vaksinasi dimulai sekitar pukul 08.00 WIB itu diikuti sebanyak 300 orang yang telah didaftar sebelumnya, sehingga tidak terjadi penumpukan peserta.

Jalannya vaksinasi mulai dari pendaftaran, pengisian formulir, skrining hingga penyuntikan dilakukan oleh Satgas Covid Cilacap (Dinas Kesehatan), serta melibatkan tenaga medis Polres Cilacap dan sejumlah nakes dari  puskesmas maupun rumah sakit. Sedangkan untuk teknis antrian dibantu dari kader, anggota Partai dan anggota DPRD fraksi PDI Perjuangan, sehingga vaksinasi berjalan dengan tertib dan lancar.

Pendaftaran vaksinasi. (Ulul Azmie)

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tatto Suwarto Pamuji didampingi Kepala Dinas Kesehatan Cilacap Pramesti Griana Dewi dan Ketua DPC PDI Perjuangan sekaligus Ketua DPRD Taufik Nurhidayat meninjau jalannya vaksinasi.

Bupati Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu program percepatan vaksinasi pemerintah, salah satunya dari partai politik yang ada di Cilacap.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan terimaksih kepada DPC PDI Perjuangan Cilacap yang telah peduli kepada masyarakat Cilacap ikut berperang melawan Covid-19 dengan vaksinasi. Seluruh masyarakat Cilacap harus vaksin, belajar dari negara lain, masalah Covid selesai karena sudah selesai vaksin,” ujar Bupati usai meninjau vaksinasi, Rabu (14/07/2021).

Bupati menambahkan, pihaknya tidak melarang partai untuk menggelar vaksinasi dalam rangka percepatan cakupan vaksin di Cilacap ditargetkan 1,3 juta sasaran hingga akhir tahun 2021 ini. Namun Bupati menegaskan agar kegiatan tersebut tidak untuk dipolitisasi.

“Vaksinasi saya tegaskan tidak boleh di politisasi, semisal satu partai menggelar vaksinasi di tempat pemerintah seperti puskesmas, rumah sakit memasang dan memakai baju partai itu tidak boleh, tetapi kalau diselenggarakan di kantor partai mau pakai baju apapun silahkan,” ujar Bupati

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Taufik Nurhidayat mengatakan, bahwa pihaknya hanya memfasilitasi vaksinasi dari Pemerintah yang sebelumnya sudah mengajukan surat permohonan kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Cilacap.

“Kita bersurat kepada Bupati selaku Ketua Satgas dan Dinkes bahwa memohon ada vaksinasi di kantor DPC, penyelanggara tetap dari Gugus Tugas, kita hanya membantu pelaksanaan dan uborampenya,” ujarnya.

Penyuntikan vaksin covid-19. (Ulul Azmie)

Taufik menambahkan, kegiatan fasilitasi vaksinasi bagi warga Cilacap ini sebagai bentuk kepedulian dalam mendukung kebijakan pemerintah dengan program percepatan vaksinasi tersebut.

“Ini sebagai moral bahwa PDI Perjuangan mendukung semua kebijakan Pemkab Cilacap, termasuk penerapan PPKM Darurat, semua warga PDI Perjuangan harus taat,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Cilacap, dari taget cakupan vaksinasi sebanyak 1,3 juta vaksin, baru terdistribusi sebanyak 245.430 vaksin, dengan suntikan dosis pertama sebanyak 149.164 dan dosis kedua sebanyak 78.621 vaksin.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini