Minggu, 19 September 2021

Rayakan HUT RI ke 76, Komunitas Sejarah Cilacap Perbaiki Sejumlah Tugu Peringatan

Anggota Komunitas Sejarah Cilacap sedang memperbaiki tugu peringatan. (Irfan)

Berbagai cara dilakukan masyarakat dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya seperti yang dilakukan oleh komunitas sejarah Cilacap. Dalam merayakan hari ulang tahun Indonesia ke 76 ini, mereka memperbaiki sejumlah tugu peringatan.


Cilacap, serayunews.com

Koordinator komunitas Sejarah Cilacap Riyad Ginanjar Widodo mengatakan, dalam kegiatan tersebut terdapat sedikitnya tiga tugu peringatan yang diperbaiki, yakni tugu peringatan bumi hangus Pelabuhan Cilacap, Pembantaian Karangtalun, dan tugu peringatan TNI melawan Belanda di Kecamatan Maos, yang digelar pada Rabu (18/8/2021).

“Pembenahannya meluputi pengecatan, perbaikan bentuk dan perbaikan prasasti. Karena yang tugu Karangtalun prasastinya sudah tidak terbaca,” katanya kepada serayunews.com, Rabu (18/8/2021).

Ia menjelaskan, dari data yang dikumpulkan oleh komunitasnya, sebenarnya di Cilacap sendiri terdapat 24 tugu peringatan, termasuk beberapa yang sudah hilang. Sehingga kegiatan ini merupakan langkah awal dalam upaya perbaikan seluruh tugu peringatan perjuangan masyarakat Cilacap di masa lampau.

“Dipilih momen kemerdekaan, supaya kita semua ingat jasa para pahlawan. Dan sebagai generasi muda, sudah wajib bagi kita untuk memelihara tugu-tugu peringatan tersebut,” ujarnya.

Bahkan, lanjutnya, terdapat cerita menarik dalam merawat tugu peringatan pembantaian Karangtalun, karena posisi tugu tersebut terdapat didalam projek salah satu BUMN. Pada awalnya, para anggota komunitas cukup khawatir tugu itu akan digusur, namun pihaknya melayangkan surat permohonan kepada pimpinan BUMN tersebut, agar tugu Karangtalun tetap dipertahankan.

“Alhamdulillah dikabulkan, kami sangat apresiasi. Ternyata semua pihak sudah cukup peduli dengan sejarah, semoga apa yang kami perbuat bisa dirasakan sampai keanak-cucu,” tuturnya.

Berita Terkait

Berita Terkini