Selasa, 6 Desember 2022

Rentan Stres, Relawan Diminta Bisa Jaga Diri

Menjadi relawan dalam wilayah bencana tidaklah mudah. Bahkan relawan rentan terhadap stres saat menjalankan misi kemanusiaan di lokasi bencana. Untuk itu, relawan harus bisa menjaga diri serta kesehatannya sebelum membantu orang lain.


Banjarnegara, Serayunews.com

H al tersebut disampaikan oleh Psikolog Ikatan Psikoligis Klinis Jawa Tengah sekaligus Pengurus PMI Kabupaten Banjarnegara Gones Saptowati saat memberikan pelatihan selfcare pada relawan PMI Banjarnegara.

“Selfcare itu penting, karena kita harus peduli pada diri sendiri yang bertujuan untuk menjaga mental dan daya tahan terhadap apa yang kita lakukan,” katanya.

Gejala stress pada pekerja kemanusiaan harus diminimalisir atau dihindari, sehingga mampu menciptakan pelayanan yang maksimal di tengah berbagai situasi dan kondisi. Selain itu, faktor kelelahan untuk menolong dan trauma sekunder lainya perlu diperhatikan dengan mengenali diri, memperhatikan keseimbangan lingkungan, serta selalu proaktif.

Sekretaris PMI Kabupaten Banjarnegara Titho Agus Wigono menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh relawan PMI yang telah melaksanakan tugas kemanusiaan, melayani masyarakat dalam Operasi Tanggap Darurat Bencana di wilayah Kecamatan Pagentan dan Wanayasa.

“Tiada kata selain terima kasih yang tak terhingga atas dedikasi, rasa kemanusiaan, pelayanan profesional yang telah diberikan sesuai instruksi pimpinan, meski disatu sisi terdapat keterbatasan,” katanya.

Relawan merupakan ujung tombak pelayanan di lapangan, denyut nadi dan ruh organisasi. Untuk itu, spirit, kondisi dan ketahanan mental serta upaya fasilitasi relawan terus dilakukan secara maksimal, dengan harapan relawan PMI selalu siap sedia mana kala dibutuhkan dalam penugasan kondisi apapun, terlebih saat situasi daurat atau tanggap bencana.

Berita Terpopuler

Berita Terkini