Minggu, 5 Februari 2023

Satlantas Polres Purbalingga Berikan Edukasi P3K, Agar Masyarakat Tidak Panik Jika Mendapati Lakalantas

Kasat Lantas Polres Purbalingga, AKP Mia Novrila Safitry, memberikan sambutan pada acara Pelatihan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan, di Aula Kantor Kecamatan Kaligondang, Selasa (24/01/2023). (Dok Satlantas Polres Purbalingga)

Kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Purbalingga selama tahun 2022, tercatat sekitar 649 kali. Jumlah korban meninggal, hampir 100 orang. Tingginya angka kecelakaan itu, menjadi dasar pentingnya pemahaman dalam penanganan pada korban kecelakaan.


Purbalingga, serayunews.com 

Unit Satlantas Polres Purbalingga, menggelar kegiatan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas, di Aula Kantor Kecamatan Kaligondang, Selasa (24/01/2023).

Peserta pelatihan terdiri dari perangkat desa, tokoh masyarakat, dan sopir ambulan desa se kecamatan. Pemateri pada acara tersebut, yakni tim medis dari RSU Siaga Medika Purbalingga.

Kasat Lantas Polres Purbalingga, AKP Mia Novrila Safitry mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberikan pemahaman pertolongan pertama, sehingga bisa meminimalisasi fatalitas pada korban kecelakaan.

“Kecelakaan bisa terjadi di mana saja, termasuk jalan desa. Makanya perlu diberikan pemahaman, agar bisa melakukan pertolongan pertama atau pertolongan darurat,” katanya.

Penanganan pertama pada korban kecelakaan itu, juga sebagai upaya meminimalisir tingkat risiko pada korban. Langkah kecil yang dilakukan dengan baik, bisa memberikan manfaat yang besar.

“Minimal ketika melihat kecelakaan, tidak panik dan korban bisa ditangani dengan benar sebelum mendapat perawatan dari petugas medis,” katanya.

Berdasarkan data dari Satlantas Polres Purbalingga, sampai Desember 2022 tercatat ada 649 peristiwa. Sedangkan di tahun 2021, ada 443 peristiwa kecelakaan pada periode yang sama.

Untuk korban meninggal dunia tahun 2022 ada 95 orang, sementara tahun 2021 lalu jumlah korban meninggal dunia berjumlah 56 orang. Jumlah korban luka ringan tahun 2021, ada 508 korban dan tahun 2022 ada 792 korban.

Berita Terpopuler

Berita Terkini