Rabu, 25 Mei 2022

Satu Rumah di Purbalingga Terancam Longsor , Empat Orang Mengungsi

Satu Rumah di Purbalingga Terancam Longsor , Empat Orang Mengungsi

Satu rumah milik Awal Priyanto, warga RT 6 RW 3 Desa Karanglewas, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga terancam tertimpa longsoran tanah. Kondisi tersebut terjadi saat hujan deras mengguyur pada Sabtu (26/3/2022). Akibatnya empat orang penghuni rumah tersebut terpaksa diungsikan.


Purbalingga, Serayunews.com

“Hujan deras menyebabkan talut fondasi Masjid Baiturahman setinggi 2,5 meter dan panjang 10 meter ambruk. Jalan setapak tertutup dan satu rumah warga yang bersebelahan terancam,” kata Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, Umar Faozi, Minggu (27/3/2022).

Baca juga  Wujud Toleransi Umat Kristiani dan Muslim di Desa Toyareka Purbalingga

Karena khawarir talut akan menimpa rumah tersebut, maka petugas BPBD dan tim SAR meminta agar penghuni rumah mengungsi. Pasalnya dikhawatirkan apabila hujan masih turun maka talut akan kembali longsor.

Petugas juga langsung melakukan penanganan. Salah satunya dengan memberikan penyangga bambu ke talut yang condong ke rumah warga tersebut. Selain itu, fondasi yang condong ke rumah Awal diberi penyangga bambu. Selanjutnya juga menutup rekahan longsor dengan terpal agar air tidak masuk ke rongga fondasi apabila hujan turun lagi.

“Kerugian materiil masih dirinci,” lanjutnya.

Baca juga  Diikuti 1.000 Pelajar, Cilacap Kembali Gelar Pekan Olahraga Daerah

Mengenai penyebab longsor, selain karena talut sudah tua juga karena hujan deras yang menggerusnya. Petugas beserta masyarakat setempat juga sempat melakukan kerja bakti untuk menyingkirkan longsoran tanah.

Berita Terkait

Berita Terkini