Rabu, 1 Desember 2021

Sayap Jembatan di Desa Grantung Karangmoncol Purbalingga Ambrol, Tergerus Banjir Sunggai Karang

Kondisi jembatan di Desa Grantung. (Amin)

Banjir bandang Sungai Karang, di sisi utara wilayah Kabupaten Purbalingga masih berlanjut. Hujan deras yang turun pada dua hari berturut-turut, mengakibatkan debit air naik drastis. Jumat (22/10/2021) sore, jalan penghunbung desa terputus karena digerus derasnya aliran banjir.


Purbalingga, serayunews.com

Hujan deras kembali mengguyur wilayah Kecamatan Karangmoncol. Sungai Karang yang melintas wilayah Desa Grantung, kembali banjir. Kondisi itu mengakibatkan ambrolnya talut pada sayap jembatan di Desa Grantung.

“Ambrol sudah dari kemarin (Kamis, red), nah hari ini (Jumat, red) hujan deras lagi, sungai banjir lagi, dan memperparah kondisi jalan yang ambrol,” kata Sekcam Karangmoncol, Sapto Suhardiyo, Jumat malam.

Titik amblas badan jalan, tepatnya pada sisi timur sayap jembatan di Desa Grantung. Ambrolnya talut dan badan jalan itu sekitar 10 meter. Sampai malam ini bahkan terpantau ada dua lobang yang ambrol.

“Kemarin (Kamis, red) mengakibatkan sayap jembatan sisi timur ambrol. Dan hari ini (Jumat, red) sekitar pukul 15.30, ambrolnya sayap jembatan mengakibatkan timbunan material jalan longsor karena tergerus derasnya air sungai Karang,” katanya.

Sehingga kondisi jalan tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan. Padahal jalan Kabupaten itu merupakan jalan utama bagi masyarakat menuju ibu kota Kecamatan. Masyarakat terpaksa harus memutar melalui Desa Makam Kecamatan Rembang atau melalui dukuh Leter.

“Kalau muter kurang lebih 5 Km,” ujarnya.

Pihaknya berharap, Pemerintah daerah bisa segera memperbaiki. Mengingat pentingnya akses jalan tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini