Senin, 4 Juli 2022

Sejak 2021, DPC PDIP Banyumas Rutin Salurkan Bantuan Kursi Roda

Sakiwan tampak bahagia menerima bantuan kursi roda dari DPC PDIP Banyumas. (Foto : Dok DPC PDIP Banyumas)

Kehadiran DPC PDIP Banyumas di tengah masyarakat, mulai mengambil peran beragam dalam misi sosial. Tak hanya rutin membantu bencana alam, sembako ataupun donor darah, tetapi juga membantu kalangan masyarakat yang mempunyai keterbatasan fisik.


Purwokerto, Serayunews.com

Sejak bulan September 2021, DPC PDIP Banyumas secara rutin menyalurkan bantuan kursi roda untuk warga yang membutuhkan. Bantuan kursi roda tersebut berasal dari anggota DPD RI periode 2019-2024, Casytha Arriwi Kathmandu.

“Mba Casytha setiap bulan rutin memberikan bantuan kursi roda. Kemudian kita menginstruksikan kepada struktural PAC-PAC untuk membuat daftar orang-orang yang membutuhkan kursi roda di wilayah masing-masing,” kata Sekretaris DPC PDIP Banyumas, Arie Suprapto, Kamis (31/3/2022).

Baca juga  Ribut Laga Futsal di Purwokerto, Polisi Amankan 41 Orang

Bantuan kursi roda tersebut, diprioritaskan untuk usia produktif yang berasal dari kalangan tidak mampu. Dipilihnya usia produktif, menurut Suprapto, karena golongan tersebut lebih membutuhkan untuk melakukan aktivitas, sekaligus juga untuk mendorong mereka tetap semangat  melakukan aktivitas.

Jumlah pendataan yang diberikan oleh tiap PAC cukup banyak, sehingga beberapa baru bisa masuk dalam daftar tunggu. Untuk mempercepat daftar tunggu, DPC PDIP Banyumas juga melakukan koordinasi dengan petugas partai yang duduk di jajaran eksekutif. Sehingga terbangun kolaborasi dengan eksekutif, PMI Banyumas dan pihak lainnya.

Baca juga  Harga Cabai di Purwokerto Melambung, Apakah karena Faktor Alam?

“Karena banyaknya orang yang membutuhkan, maka kita berlakukan skala prioritas, yaitu dari kalangan pelajar dan usia produktif. Sebab, berdasarkan pengalaman, kita pernah menyalurkan bantuan kursi roda untuk yang sudah berusia lanjut dan hanya digunakan sebentar, karena yang bersangkutan tidak lama kemudian meninggal dunia. Sehingga supaya bantuan lebih efektif, kita gunakan skala prioritas,” jelasnya.

Untuk syarat mengajukan bantuan kursi roda, cukup menyerahkan foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Persyaratan tersebut diberikan kepada PAC setempat dan nantinya PAC yang akan menyampaikan ke DPC PDIP Banyumas. Setiap bulan, ada 10 kursi roda yang disalurkan.

Baca juga  Jelang Muktamar Muhammadiyah ke-48, UMP Perkuat Moderasi Beragama

Salah satu penerima bantuan kursi roda, Sakiwan, warga Desa Karangpucung, Kecamatan Tambak mengatakan, ia sangat berterima kasih kepada DPC PDIP Banyumas yang telah memberikan bantuan kursi roda. Bantuan tersebut sangat membantunya untuk beraktivitas sehari-hari.

“Kursi roda ini sangat membantu, karena untuk membeli kursi roda sendiri, terus terang saya tidak mampu. Sekali lagi terima kasih PDIP… terima kasih Mba Casytha…,” kata Sakiwan yang sehari-hari bekerja sebagai buruh harian lepas.

Berita Terkait

Berita Terkini