Jumat, 9 Desember 2022

Selain Tunai, Naik Bus Trans Banyumas Bisa Bayar Pakai Qris, Ini Caranya

Salah satu BTS tengah menaikkan penumpang di halte Jalan Profesor DR HR Boenyamin, Kelurahan Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara beberapa waktu lalu. (Shandi Yanuar)

Mulai tanggal 31 Oktober 2022 lalu, Bus Trans Banyumas (BTS) resmi berbayar. Namun, rencana awal pembayaran menggunakan e-Money, hingga saat ini belum terealisasikan karena alat Tap on Bus (TOB) belum terpasang. Selain bayar tunai halte pemberhentian, pembayaran bisa menggunakan Qris, Gopay, atau Ovo.


Purwokerto, serayunews.com

Kepala Pengelola Trans Banyumas, Ipoeng Martha Marsikun menjelaskan, alat POD belum dikirim dari pihak Kementerian Perhubungan.

“Masih menunggu kiriman dari kementerian, maka pembayaran bisa menggunakan Qris, Ovo, dan alat pembayaran digital lainnya. Atau juga bisa membeli tiket di titik-titik pemberhentian secara tunai,” kata dia, Selas (15/11/2022).

Calon penumpang juga bisa membeli tiket untuk pulang-pergi, serta ke koridor lain dari titik tersebut.

“Kalau alat TOB-nya sudah terpasang semua, kita tidak ada penjualan tiket lagi, semuanya menggunakan e-Money. Kalau sepuh usia 60 tahun ke atas, gratis tinggal menunjukkan e-KTPnya saja. Kemudian pelajar juga gratis dan untuk umum serta mahasiswa, bayar Rp 3.900,” ujarnya.

Sistem pembayaran secara e-Money menurut Ipoeng tetap bakal diterapkan bulan ini, meski belum tahu kapan alat POD datang.

“Sebentar lagi, kemungkinan tetap di bulan ini, karena memang bulan ini harus sudah terpasang semua,” kata dia.

Berita Terpopuler

Berita Terkini