Sabtu, 18 September 2021

Sembilan Partai Politik di Cilacap Digelontor APBD Rp 2,9 Miliar, Ini Rinciannya

Pemkab Cilacap berikan anggaran kepada 9 Partai Politik. (Ulul)

Sembilan Partai Politik (Parpol) yang ada di Cilacap mendapatkan gelontoran anggaran dari APBD Kabupaten Cilacap sebesar Rp 2,9 miliar. Selain dipergunakan untuk administrasi dan pendidikan Parpol, pemkab mendorong agar Parpol ikut berkontribusi dalam penanggulangan Covid-19 di Cilacap.


Cilacap, serayunews.com

Bantuan keuangan Parpol yang ada di Cilacap diserahkan oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji di Ruang Gadri Rumah Dinas Bupati pada Kamis (29/07) siang. Bantuan tersebut di terima oleh masing-masing delegasi Parpol. Namun dari sembilan Parpol tersebut hanya Partai Amanat Nasional (PAN) yang belum menerima bantuan, disebabkan masih belum melengkapi berkas administrasi.

Adapun rincian bantuan keuangan tersebut diberikan sama seperti tahun sebelumnya yakni Rp 3000 per satu suara. Dari jumlah bantuan keuangan Rp 2,9 miliar dapat dirinci yakni, PDI Perjuangan sebanyak Rp 589 juta, Partai Golkar Rp 512 juta, Partai Gerindra Rp 494 juta, PKB Rp 407 juta, PPP Rp 241 juta,  PAN Rp 227 juta, PKS Rp 190 juta, Partai Demokrat Rp 179 juta dan Partai Nasdem Rp 176 juta.

“Bantuan keuangan tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kemandirian Partai, serta kepedulian Partai ikut terjun ke bawah ikut sukseskan serbuan vaksinasi, saya titip itu,” ujar Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam keterangannya usai meyerahkan bantuan keuangan partai, Kamis (29/07/2021).

Dalam waktu dekat, Bupati akan segera berkoordinasi agar Parpol bisa membantu pelaksanaan vaksinasi di daerah pemilihan masing-masing, serta giat mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat. Sedangkan terkait penggunaan anggaran untuk kegiatan vaksinasi, pihaknya masih mengkaji pemberlakuan aturannya.

“Untuk serbuan vaksinasi, Parpol diminta sumbangsih, tenaga, pikiran, termasuk dana Partai kalau bisa untuk serbuan vaksin, apa itu untuk nakes atau makan, saya saran belikan. Kalau kita semua bersatu bareng-bareng untuk serbuan vaksinasi ini, saya yakin Cilacap cepat selesai kasus Covid ini, kemudian fokus ekonomi,” ujar Bupati.

Sementara itu, Kepala Badan Kebangpol Cilacap Sadmoko Danardono menyampaikan, bahwa aturan penggunaan bantuan keuangan Parpor untuk kegiatan vaksinasi akan dibahas lebih lanjut bersama Bupati dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Masukan dari pimpinan tadi akan kita tindaklanjuti memungkinkan atau tidak, tentunya kita merujuk pada aturan dulu dan hasilnya akan kami sampaikan ke masing-masing Parpol, sementara sesuai peraturan penggunaan bantuan keuangan diperuntukkan untuk administrasi dan pendidikan politik,” ujar Sadmoko.

Mananggapi hal tersebut, Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat menyampaikan, terkait dengan pelaksanaan vaksinasi, perdapil yang berisi dari berbagai Parpol bisa membantu pelaksaan vaksinasi secara gotong royong sehingga tidak timbulkan unsur politisasi, kemudian pelaksanaanya dilakukan bersama Bupati sebagai pembina Parpol.

“Hari ini tidak berbicara Partai Politik, tarungnya nanti di 2024, hari ini bersama Pemerintah Kabupaten Pak Bupati bersama perang melawan Covid-19,” ujar Taufik Nurhidayat sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Cilacap.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Cilacap Sindy Syakir menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Cilacap yang telah memberikan bantuan keuangan terebut. Dalam dukungan penanganan Covid-19, pihaknya akan mengharmonisasi unsur Eksekutif dan Legislatif dalam rangka serbuan vaksin.

“Karena Partai Politik mempunyai tanggungjawab yang sama, serta Legislatif dari gabungan Partai Politik kemudian bersama Eksekutif memberikan pelayanan baik mempromosikan prokes, menangani pandemi serta pemulihan ekonomi, nanti kita minta arahan Bupati untuk bersama-sama dengan Parpol lain bagaimana langkah terbaik bersama-sama, tidak bersaing tapi bersinergi dalam penanggulangan Covid,” ujar Sindy.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini