Selasa, 28 September 2021

Sempat Mangkrak, GOR di Purbalingga Kini Diyakini Akan Telurkan Atlet Berprestasi

Pemkab Purbalingga mengikuti peringatan HAORNAS secara Virtual di Peringgitan Rumah Dinas Bupati Purbalingga, Kamis (09/09/2021). (Amin)

Bangunan Gedung Olahraga (GOR) indoor di kawasan Stadion Goentoer Darjono sempat mengalami putus kontrak di tahun 2019. Paska itu, kondisinya mengenaskan karena mangkrak dan mencekam. Namun, saat ini pembangunannya sedang dilanjutkan kembali. Bangunan yang belum jadi itu, digadang-gadang bisa menjadi pusat latihan dan mencetak altet berprestasi.


Purbalingga, serayunews.com

Wakil Bupati Purbalingga H. Sudono meminta Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Purbalingga mampu terus mencetak juara bagi Kabupaten Purbalingga. Segala fasilitas yang dimiliki Purbalingga, KONI diharapkan mampu mencetak bibit unggul.

“Kita sedang membangun GOR Indoor yang diharapkan 2022 nanti selesai. Sarana ini harus menjadi tempat monumental yang akan mencetak prestasi juara di bidang olah raga. KONI harus bisa mencetak lebih banyak prestasi baik di tingkat regional maupun nasional bahkan dunia,” kata Wabup Sudono, usai mengikuti Peringatan Haornas dan peluncuran Desain Besar Olah Raga Nasional (DBON) yang digelar secara virtual dan diikuti dari Pringgitan Rumah Dinas Bupati, Kamis (09/09/2021).

Selain GOR Indoor, Sudono menilai, Purbalingga memiliki fasilitas kolam renang yang mumpuni. Baik untuk pembinaan maupun untuk kejuaraan. Keberadaan Owabong tidak boleh disia-siakan.

“Prestasi olah raga air Purbalingga juga mesti terus digenjot,” ujarnya.

Sudono menambahkan, terkait Logo Haornas kali ini yang berwarna-warni. Dia mencoba menyemangati seluruh insan olah raga dan stakeholder terkait. Seperti hijau yang menandakan pilar olah raga rekreasi, biru menandakan olah raga pendidikan, kuning pilar olah raga prestasi dan obor merah sebagai prestasi yang terus berkobar.

“Ini wujud kebersamaan dalam membangun olah raga guna mencetak juara,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Purbalingga Eko Susilo melaporkan rencana diselenggarakan Pekan Olah Raga Kedu – Pekalongan – Banyumas (POR DULONGMAS) pada Oktober mendatang.

“Mudah-mudahan Oktober nanti Purbalingga sudah level 2 Covid-19 sehingga memudahkan kita sebagai tuan rumah cabang renang,” kata Eko Susilo.

Eko sangat optimis, prestasi Purbalingga akan ada peningkatan. Selain POR Dulongmas, Purbalingga juga menyumbang dua atlet sebagai kontingen Jawa Tengah dalam gelaran  PON Papua 2021. Dua atlet itu adalah Arifianto Firmansyah (atletik) dan Susan Nur Hidayah (panjat tebing).

“Kami mohon support dan dukunganya baik dari Bupati, Wakil Bupati, jajaran Forkopimda serta seluruh masyarakat. Agar kami mampu berprestasi yang terbaik,” katanya.

Diketahui, Peringatan Haornas ke-38 yang digelar di GOR POPKI Kemenpora Cibubur, juga menghadirkan Presiden RI Joko Widodo yang memberikan arahan secara virtual. Acara tersebut sekaligus sebagai penanda  pengimplementasian harapan harapan baru prestasi olah raga nasional  dengan diterbitkannya Perpres No 86/2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional sebagai payung hukum baru bagi bidang keolahragaan di Indonesia.

Berita Terkait

Berita Terkini