Senin, 23 Mei 2022

Setelah Dua Tahun Pandemi, Salat Id Kembali Dilaksanakan di Alun-Alun Purbalingga

Warga melaksanakan Salat Id di kawasan Alun-alun Purbalingga pada Idulfitri tahun 2019. Selama dua tahun pandemi, warga diimbau melaksanakan Salat Id di rumah. Tahun ini Salat Id kembali dilaksanakan di alun-alun setempat. (Joko Santoso)

Kawasan Alun-alun Purbalingga akan kembali menjadi lokasi pelaksanaan Salat Idulfitri (Id) di Lebaran tahun ini. Kebijakan tersebut diambil dengan berbagai pertimbangan, salah satunya melandainya kasus Covd-19 dan juga cakupan vaksinasi yang terus naik.


Purbalingga, serayunews.com

“Tahun ini Salat Id kembali akan dilaksanakan di Alun-alun Purbalingga. Hal ini diputuskan dalam rapat bersama antara Pemkab Purbalingga, Kementerian Agama (Kemenag), Panitia Hari Besar Islam dan sejumlah unit kerja terkait,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi didampingi Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra R Imam Wahyudi, Selasa (26/4/2022).

Baca juga  Pertamina Cilacap, Salurkan Bantuan Paket Sekolah untuk Siswa SD di Kaki Gunung Semeru

Sebelumnya pada Idulfitri tahun 2020 dan 2021, Pemkab Purbalingga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan Salat Id di alun-alun dan juga masjid. Kebijakan itu diambil karena di dua tahun tersebut terjadi pandemi Covid-19. Sehingga masyarakat diimbau untuk melaksanakan Salat Id di rumah masing-masing. Untuk Idulfitri tahun ini, pelaksanaan Salat Id diimbau untuk dilaksanakan di lapangan terbuka.

Pelaksanaannya tentu tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes). Ditambahkan pelaksanaan Salat Id di Alun-alun Purbalingga rencananya akan dilaksanakan pada 1 Syawal 1443 mulai pukul 06.30 WIB.

Baca juga  Rayakan Hari Konsumen Nasional, Penggerak Muda Pasar Rakyat Banyumas Kampanyekan Cintai Produk Dalam Negeri

 “Kemungkinan jatuh pada Senin 2 Mei 2022. Imam Salat adalah KH Nurcholois Masrur SPdI dan khotib Drs H Sukarman SAg,” kata Imam Wahyudi menambahkan.

Dalam kesempatan terpisah Kapolres Purbalingga AKBP Era Jhony Kurniawan menambahkan pelaksanaan Salat Id memang diperbolehkan di lapangan. Pihaknya mengimbau agar dalam pelaksanaannya mengedepankan penerapan protokol kesehatan (prokes).

 “Kami dari jajaran kepolisian siap memberikan pengamanan pelaksanaan ibadah dan perayaan Idulfitri. Sehingga semua berjalan aman, nyaman dan lancar,” imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini