Siapa Pemilik Mixue? Incar Dana $ I Miliar USD dari IPO

Siapa Pemilik Mixue? Incar Dana $ I Miliar USD dari IPO

Bagikan:
Siapa Pemilik Mixue? /Pixabay

SERAYUNEWS – Siapa yang tidak kenal Mixue? Toko minuman segar yang sempat viral belakangan ini. Kabarnya mereka sedang mengajukan IPO dengan target $1 Milliar USD.

Penargetan Mixue hingga $1 Milliar USD ini dinilai sangat realistis. IPO merupakan Initial public offering atau secara singkat perubahan dana dari pribadi ke publik.

Pengajuan IPO Mixue ini tidak terlepas dari pemiliknya yang berusaha keras, Zhang Hongcho. Jika sudah beredar di pasar modal, tak menutup kemungkinan Mixue bisa mendapat modal hingga $1 Milliar USD bahkan lebih.

Kesuksesan Mixue menjadi brand teh terbesar ke dua di China ini tidak terlepas dari peran Zhang. Tak heran pada 2023 lalu, seolah gerai Mixue menjamur tak terhitung di Indonesia.

Mengenal Pemilik Mixue

Usaha minuman teh yang berdiri sejak tahun 1997 ini ternyata memiliki aktor di baliknya yang tahan banting.

Zhang Hongchao, memulai bisnis Mixue dari 1997 bermula sebagai pembuat minuman serut di Shanghai. Lalu, dia mencoba bisnis sendiri dan melalukan ekspansi besar-besaran.

Dulu, Zhang berpikiran ingin membantu keuangan keluarganya, di samping menimba ilmu dia bekerja paruh waktu.

Kemudian, keberaniannya tumbuh, dengan modal sekitar Rp8 juta, dia mendirikan usaha minuman sendiri.

Selanjutnya, usaha tersebutlah yang saat ini kita kenal sebagai Mixue. Sejak 2010, Mixue pelan-pelan keluar dan mulai menjadi bisnis waralaba di beberapa negara.

Ini berkat inovasi seperti Zhang perlahan tidak hanya menjual minuman, tapi ada es krim, milk tea hingga smoothie. Harga lebih murah dibanding dengan penjual yang lain.

Rencana IPO Mixue

Pada tanggal 2 Februari 2024 kemarin, Mixue Group dan Guming Holdings mengajukan IPO ke bursa saham Hong Kong. Keduanya merupakan perusahaan Bubble tea terbesar kedua di China.

Dengan mengajukan IPO tersebut, Mixue yang tercatat memiliki kurang lebih 3.600 gerai yang tersebar di berbagai daerah, menargetkan dana lebih sebasar $1 Milliar USD atau sekitar Rp15 Triliun.

Dengan kekuatan brand yang menjamur tersebut, tidak menutup kemungkinan target tersebut bisa cepat terealisasi.

Demikian informasi terkait kabar IPO dari perusahaan Mixue Group dan profil pemiliknya.***(Umi Uswatun Hasanah)


© 2016 Serayu News