Jumat, 21 Januari 2022

Sidareja Digagas Jadi Desa Tematik Seni dan Budaya di Purbalingga, Ini Alasannya

Kolaborasi kesenian kuda lumping ditampilkan dalam Bazaar Art di Klenteng Ho Tek Bio Purbalingga. Pertunjukan tersebut diprakarsai Kie Art Cartoon School Desa Sidareja, Kecamatan Kaligondang. (Joko Santoso)

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menyebutkan Desa Sidareja Kecamatan Kaligondang memiliki potensi seni budaya yang luar biasa. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga akan menggagas desa tematik dan nantinya Desa Sidareja bisa menjadi Desa Tematik Seni dan Budaya atau Desa Kartun.


Purbalingga, Serayunews.com

“Jadi Sidareja tidak perlu mencari lagi tema yang pas, karena Desa Kartun atau Seni Budaya bisa menjadi unggulan di Desa Sidareja,” kata Bupati Tiwi saat membuka Bazaar Art yang diprakarsai pegiat seni dan budaya Kie art Cartoon School Desa Sidareja, di Klenteng Hok Tek Bio Purbalingga, Jumat malam (14/1/2022).

Baca juga  Meninggalnya Bocah 7 Tahun di Kolam Renang Wisata Ada Potensi Ke Ranah Pidana, Begini Penjelasan Polres Purbalingga

Bupati mengapresiasi para pegiat seni dan budaya dari Desa Sidareja yang tetap semangat dan mau melestarikan seni budaya lokal Purbalingga. Menurutnya melalui kegiatan Bazaar Art bisa menjadi motivasi bagi pegiat seni budaya yang lain untuk tetap berbuat, berkarya dan berprestasi meski di tengah terpaan pandemi covid-19.

“Terima kasih sudah mau menguri-uri budaya lokal dan harapannya generasi muda kita semakin mencintai seni budaya lokal yang ada di Purbalingga,” ungkapnya.

Pegiat Seni Desa Kartun Sidareja Kecamatan Kaligondang menggelar Bazaar Art. Perhelatan tersebut dilaksanakan di kompleks Klenteng Ho Tek Bio Purbalingga mulai Jumat (14/1/2022) hingga Minggu (16/1/2022).

Baca juga  Ibu dan Anak di Cilongok Banyumas, Luka-luka Tertimpa Bangunan Rumahnya yang Lapuk

“Event ini kami laksanakan bersamaan dengan Bulan Perdamaian Dunia yang juga jatuh di bulan Januari. Di sini hasil karya seni dan pertunjukan dari para pemuda Seni Kie Art Cartoon School dari Desa Kartun Sidareja ditampilkan,” kata pegiat Kie Art Cartoon School, Slamet Santosa didampingi Gita Thomdean.

Dia juga menyampaikan kesenian yang ditampilkan antara lain Ebeg Sidareja, Seni Karawitan , Tari Ujungan 111 th history desa ataupun dalang Jemblung Kusno Umah Wayang. Selain itu karya seni handmade seperti lukisan , sepatu Lukis, tas Lukis, lampu Lukis , kriya bamboo dan blangkon Soedirman juga dipamerkan di acara yang dilaksanakan pegiat seni Desa Kartun Sidareja tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini