Simak Fakta Android 14 yang Harus Diketahui Pengguna, Benarkah Punya Keamanan Terbaik?
Tekno

Simak Fakta Android 14 yang Harus Diketahui Pengguna, Benarkah Punya Keamanan Terbaik?

Bagikan:
Android 14. (Foto : Freepik)

SERAYUNEWS – Google resmi merilis operating system (OS) terbaru yakni Android 14.  Kabar baiknya, Android 14 (versi beta) yang belum lama ini dirilis membawa beragam fitur baru yang patut kita coba.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa aspek menarik seputar Android 14 yang dapat memperkaya pengalaman pengguna.

Produk terbaru ini juga membawa sistem keamanan tingkat tinggi. Penasaran, kan? Yuk, disimak!

Fakta Android 14 Yang Wajib Anda Ketahui

1. Konektivitas Satelit

Google mengambil langkah maju dengan menyematkan konektivitas satelit pada Android 14. Sehingga menantang langkah serupa yang telah diambil oleh Apple dengan iPhone 14. Meskipun fungsinya terbatas pada situasi darurat (SOS), fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungi nomor penting melalui satelit. Keamanan tingkat tinggi menjadi fokus, memastikan ketersediaan komunikasi bahkan dalam kondisi darurat.

2. Keamanan Terdepan

Menghadirkan langkah proaktif dengan memblokir sideloading aplikasi yang usang. Sideloading, seringkali menjadi pintu masuk bagi malware, kini akan ditekan oleh kebijakan baru Google. Dengan meminta pengguna untuk selalu mengupdate aplikasi mereka ke versi terbaru, Android 14 melindungi perangkat dari potensi infeksi dan meminimalkan risiko penyebaran malware.

3. Mendukung Perangkat Lama

Pembaruan pada versi ini tidak hanya menargetkan perangkat terbaru. Google berkomitmen untuk mendukung konektivitas perangkat lama dengan memperbarui sistem root certificates secara cepat. Hal ini membuka peluang bagi pengguna HP lawas untuk tetap terhubung dengan situs-situs penting di internet melalui browser bawaan Google.

4. Android 14 Jadi “Upside-down Cake”

Google tetap konsisten dengan tradisinya menggunakan nama makanan untuk produk Android. Versi ini disebut sebagai “Upside-down Cake,” mengacu pada kue terbalik yang populer di Amerika, Brasil, dan Portugal. Nama unik ini tidak hanya memberikan identitas, tetapi juga menimbulkan rasa penasaran di kalangan pengguna.

5. Smartphone Siap Upgrade

Vendor besar seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Realme telah bersiap melakukan update ke versi terbaru. Meskipun Android 11, 12, dan 13 masih andal, langkah proaktif ini menunjukkan komitmen produsen untuk tetap mendukung perangkat mereka dengan sistem terbaru. Pengguna Google Pixel akan menjadi yang pertama mencicipi Android 14 secara global.