Senin, 4 Juli 2022

Simak, Ini Tips Jitu dari Polisi Supaya Tidak Jadi Korban Hipnotis

Ilustrasi hipnotis
Ilustrasi hipnotis. (Sumber : pixabay.com)

Belum lama ini, seorang wanita paruh baya menjadi korban hipnotis di salah satu supermarket di Kecamatan Purwokerto Selatan, hingga kehilangan emas sebesar 40 gram. Total kerugian kemungkinan mencapai Rp 50 juta. Untuk menghindari kejadian serupa, kepolisian mengimbau agar masyarkat lebih waspada.


Purwokerto, serayunews.com

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Edy Suranta Sitepu melalui Kasat Reskrim Polresta Banyumas, Kompol Agus Supriadi S menyampaikan, supaya tidak jadi korban hipnotis sebaiknya lebih waspadai orang-orang yang baru dikenal.

“Apalagi orang yang baru kenal di tempat keramaian, jangan mudah percaya, bahkan dengan orang yang menawarkan kerjasama dengan iming-iming bonus yang besar,” katanya, Kamis (23/6/2022).

Baca juga  54 Sapi Positif PMK, Dua Pasar Hewan di Banyumas Ditutup Selama Dua Minggu

Agus menambahkan, selama ini para pelaku hipnotis terlebih dahulu mengajak ngobrol calon korbannya. Kemudian bekenalan hingga menanyakan kebutuhan atau keperluan para calon korbannya.

“Kemudian pura-pura membantu menawarkan usaha dengan iming-iming penghasilan yang besar, serta ada juga arisan dan berbagai macam lainnya,” ujarnya.

Jika memang mendapati orang yang mencurigakan, dengan berbagai modus tersebut. Kasat mengimbau agar masyarakat segera menghindarinya dan bila perlu melaporkan ke aparat kepolisian untuk menindaklanjuti.

“Jangan menggunakan perhiasan yang mencolok supaya tidak mengundang pelaku kejahatan,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini