Jumat, 12 Agustus 2022

Siswa SMAN 1 Bawang Dimotivasi Jadi Pelopor Pancasila oleh Alumni di Kelas Inspirasi

Acara momtivasi pada Siswa SMAN 1 Bawang.

Dunia pendidikan, merupakan tempat penempaan dan mempersiapkan generasi di masa mendatang. Untuk itu, para siswa hendaknya menjadi pelopor Pancasila. Hal ini seperti dinyatakan anggota DPRD Banjarnegara, Wachyu Hidayat yang juga alumni SMAN 1 Bawang, saat mengisi kelas inspirasi bagi pelajar SMAN 1 Bawang.


Banjarnegara, Serayunews.com

Menurutnya, Pancasila merupakan dasar negara yang berasal dari pemikiran para leluhur dan pendiri bangsa dalam menyatukan, serta menjaga keutuhan NKRI. Kunci untuk mengetahui semua itu, dengan membaca buku.

Baca juga  Smansa Bara Gelar Donor Darah untuk Sesama

“Pancasila itu, lahir dari para pendiri bangsa dan mereka gila baca buku. Pancasila adalah perasan pemikiran luhur dari ribuan buku yang dibaca. Karenanya, untuk mewarisi nilai Pancasila, agar kalian menjadi pelopor Pancasila, rajin-rajinlah membaca buku,” ujarnya.

Ia mengatakan, maraknya para siswa menggunakan ponsel menjadi keprihatinan sendiri. Menurutnya, ponsel tidak bisa menggantikan buku, tidak bisa mengubah karakter dan kecerdasan, sebaliknya justru banyak mudorotnya.

“Saya melihat daya juang anak milenial jauh lebih rendah daripada anak tahun 90-an. Mereka terlalu banyak kemudahan dari orangtua. Padahal kualitas mereka menentukan masa depan bangsa. Karenanya saya berharap banyak pada sekolah, agar dapat membangun karakter mereka,” katanya.

Baca juga  Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kejaksaan Meningkat Selama Juli, Ini Pesan Kejari Banjarnegara

Kepala SMAN 1 Bawang, Triyatno mengungkapkan, motivasi dari alumni merupakan satu kebanggaan dan tentunya bisa menjadi gambaran bagi adik kelasnya.

“Harapannya mereka menjadi bangga dengan almamaternya dan juga terinspirasi agar mengikuti jejak sukses alumninya. Kita akan lebih banyak lagi menghadirkan alumni dalam kelas inspirasi seperti ini,” karanya.

Berita Terkait

Berita Terkini